Efektivitas Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiwa

Irena Puji Luritawaty

Abstract


Abstrak - Latar belakang penelitian ini yaitu pentingnya kemampuan penalaran matematis dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui efektivitas penggunaan pembelajaran model snowball throwing terhadap peningkatan kemampuan penalaran matematis mahasiswa. Metode penelitian ini menggunakan metode pra-eksperimental dengan satu kelompok sampel yaitu kelompok eksperimen yang memperoleh pembelajaran snowball throwing. Adapun desain penelitian berbentuk one group pretest-posttest design, dimana subjek diberikan tes awal (pretest) untuk mengetahui kemampuan awal, kemudian diberi perlakuan selama jangka waktu tertentu, dan diberi tes akhir (posttest) untuk mengetahui pencapaian akhir setelah diberi perlakuan. Populasi dalam penelitian ini yaitu mahasiswa tingkat I di salah satu perguruan tinggi swasta di kabupaten Garut, dengan sampel yaitu mahasiswa kelas IB. Instrumen dalam penelitian ini yaitu berupa tes uraian kemampuan penalaran matematis yang diujikan dalam bentuk pretest dan posttest. Pengolahan data dilakukan terhadap hasil gain ternormalisasi yang diawali dengan uji normlaitas dan diakhiri dengan uji-t satu sampel. Dari hasil penelitian secara garis besar diketahui bahwa penggunaan pembelajaran model snowball throwing sangat efektif meningkatkan kemampuan penalaran matematis mahasiswa (po ≥ 70%)

 

Kata kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Model pembelajaran Snowball Throwng

Full Text:

PDF

References


Agus Suprijono. (2011). Cooperative Learning. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Badan Standar Nasional Pendidikan, 2006. Standar isi. Jakarta: BSNP.

Hendriana, H. dan Soemarmo, U. (2014).Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: RefikaAditama.

Huda, M. (2011). Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Kusmawati, A. (2013). Perbandingan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Antara yang Mendapatkan Model Pembelajaran CLIS (Children Learning In Science) denngan Model Pembelajaran Konvensional.Skripsi STKIP Garut: Tidakditerbitkan.

Purbowo, Mashuri & Hendikawati. 2012. Kefektifan Pembelajaran Snowball Throwing Berbantuan Lembar Kegiatan Siswa. Unnes Journal of Mathematics Education. 1 (1) 20-25

Rasyid, M., & Side, S. (2011). Pengaruh Penerapan Pembelajaran Snowball Throwing terhadap Hasil Belajar Vol 2, No. 1 (2017)

Riduwan. (2013). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta

Rosnawati, R. (2011). “Kemampuan penalaran matematika siswa SMP Indonesia pada TIMSS 2011”. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA

Ruseffendi, H. E. T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sagala, S. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Shadiq, Fadjar. 2004. Pemecahan Masalah, Penalaran dan Komunikasi. Yogyakarta: PPPG Matematika.

Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Dirjen Dikti Depdinas.Turmudi. (2008). Landasan Filsafat dan Teori Pembelajaran Matematika Siswa dalam Pelajaran Matematika. Disertasi doktor pada PPS IKIP Bandung: Tidak dipublikasikan.

Sumarmo, U., 2013. Kumpulan makalah: Berpikir dan disposisi matematis serta pembelajarannya. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika, FPMIPA UPI.

Sundayana, R. (2013). Statistika Penelitian Pendidikan. Garut: STKIP Garut Press.

Suparno & Yunus, M. 2006. Keterampilan Dasar Menulis. Jakarta: Universitas Terbuka

Wahyudin, 2008. Pembelajaran & Model-model pembelajaran: Pelengkap untuk meningkatkan kompetensi pedagogis para guru dan calon guru profesional. Bandung: Mandiri.

Wahyudin. (2008). Pembelajaran dan Model-Model Pembelajaran. Bandung: UPI


Refbacks

  • There are currently no refbacks.