MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK TALK WRITE

Wikanengsih Wikanengsih, Euis Eti Rohaeti, Yeni Rostikawati

Abstract


Penelitian tindakan kelas ini bertujuan  meningkatkan kemampuan dan keaktifan siswa dalam   menulis teks eksposisi pada kelas VIII SMP Kartika XIX-2 Bandung melalui penggunaan metode Think Talk Write.  Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan menulis teks eksposisi  dan  keaktifan belajar siswa. Ketuntasan  kemampuan menulis teks eksposisi siswa pada siklus I mencapai 48%,  siklus II  52%, dan  siklus III 60%.  Demikian juga keaktifan siswa, pada siklus I mencapai 24%, siklus II 36 %, dan siklus III 56%. Dengan demikian, penggunaan metode think talk write dapat meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi  dan meningkatkan keaktifan  siswa dalam pelaksanaannya.

Kata kunci: menulis, teks eksposisi, think talk write


This classroom action research aims to improve students' ability and activeness in writing exposition text in class VIII SMP Kartika XIX-2 Bandung through the use of the Think Talk Write method. The results showed that there was an increase in the ability to write exposition text and students' learning activeness. The completeness of the students' exposition text writing ability in cycle I reached 48%, cycle II 52%, and cycle III 60%. Likewise, the activeness of students, in cycle I reached 24%, cycle II 36%, and cycle III 56%. Thus, the use of the think talk write method can improve the ability to write exposition text and increase students' activeness in its implementation.

Keywords: writing, exposition text, think talk write



Full Text:

PDF (256-264)

References


Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Bunga, dkk. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif dengan Strategi Think Talk Write dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMPN 3 Batang Anai. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajaran. Volume 2 No. 1 Edisi Februari 2015

Mahsun. (2014). Teks dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia: Kurikulum 2013. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Parera, J. D. (1993). Menulis Tertib dan Sistemik. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Rusman. (2013). Belajar dan Pembelajaran. Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Bandung: Kencana.

Satini, R. (2016). Kemampuan Menulis Karangan Eksposisi Dengan Menggunakan Teknik Mind Map Siswa Kelas X SMA Negeri 14 Padang. Jurnal Gramatika. Jurnal Penelitian Bahasa dan Sastra Indonesia V2.i2 (164-178).

Suyatno. (2009). Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Masmedia Buana Pustaka. Sidoarjo.

Thobroni dan Mustofa. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Ar-Ruzz Media.

Wikanengsih. (2013). Model Pembelajaran Neurolinguistic Programming Berorientasi Karakter Bagi Peningkatan Kemampuan Menulis Siswa SMP. Jurnal Ilmu Pendidikan. Jilid 19. Nomor 2, Desember 2013. Hal. 177-186. Universitas Negeri Malang.

Zulkarnaini. (2011). Model Kooperatif Tipe Think Tallk Write (TTW) untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi dan Berpikir Kritis. (Online) (http://jurnal.upi.edu/file/15-Zulkarnaini-EDIT.pdf), diakses pada tanggal 30 September 2018.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


INDEXED BY:

        

RECOMMENDATION FOR CITATION:

 

SIMILARITY CHECK:

Penerbit:

Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

Universitas Majalengka


Lisensi Creative Commons
DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.