PENERAPAN METODE COPY THE MASTER PADA PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ARGUMENTASI UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS MENULIS MAHASISWA
Abstract
Membaca dan menulis merupakan aspek keterampilan berbahasa yang sangat penting. Pada era literasi sekarang ini. Kedua keterampilan tersebut menjadi perhatian bagi banyak pihak, terutama dalam dunia pendidikan. Membaca adalah kegiatan menerima atau menyerap materi dari buku yang dibacanya. Adapaun menulis adalah mengeluarkan ide atau gagasan dari materi yang sudah dibacanya. Jadi, membaca dan menulis tidak dapat dipisahkan. Walaupun membaca dan menulis sudah diajarkan sejak tingkat sekolah dasar, namun tetap saja mahasiswa masih merasa kesulitan untuk menemukan gagasan atau ide yang akan dituangkannya. Sehubungan dengan hal tersebut, peneliti memberikan solusi untuk memepermudah mahasiswa dalam menulis teks argumentasi dengan menerapkan metode copy the master yang merupakan salah satu metode dengan cara menulis dari hasil membaca. Dengan metode ini, diharapkan mahasiswa lebih mudah menemukan gagasan, baik berupa tema, seting/latar, penokohan, alur cerita, data, dan fakta untuk memperkuat argumen dari hasil membaca terlebih dahulu sehingga menjadi sebuah tulisan yang berbeda dan bervariatif. Penelitian ini dilakukan melalui eksperimen, yaitu mengujicobakan metode Copy the master dalam pembelajaran menulis teks argumentasi. Tahapan penelitian dilakukan dengan a) Persiapan/ pra-lapangan, b) Proses pekerjaan lapangan, dan c) analisis data. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas metode Copy the master dalam pembelajaran menulis teks argumentasi sehingga kreativitas menulis mahasiswa IKIP Siliwangi pun meningkat.
Kata kunci: metode Copy The Master, pembelajaran menulis, teks argumentasi,
Full Text:
PDF (50-65)Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY:
RECOMMENDATION FOR CITATION:
SIMILARITY CHECK:
Penerbit:
Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia

DIGLOSIA: Jurnal Pendidikan, Kebahasaan, dan Kesusastraan Indonesia is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.