Penerapan Metode Joyfull Learning dalam Menanamkan Sikap Kerjasama dalam Pembelajaran PAI di SMP N 1 Tretep Temanggung

afina amelia, Sri Jumini, Bambang Sugiyanto

Abstract


Kurangnya keterampilan kooperatif dalam proses pembelajaran PAI di SMP N 1 Tretep Temanggung menjadi pendorong dilakukannya penelitian penerapan metode Joyfull Learning untuk menanamkan sikap kerjasama. Pembelajaran PAI belum menggunakan strategi baru, siswa masih kesulitan mengungkapkan pendapatnya sendiri dan kurang mampu menanamkan sikap kooperatif di dalam kelas. Selain itu, proses pembelajaran yang masih berpusat pada guru menyebabkan siswa lebih cepat bosan. Dengan menggunakan pembelajaran Joyfull Learning diharapkan siswa dapat mengembangkan keterampilan kooperatif di kelas, tidak cepat bosan, dan lebih tertarik untuk mengikuti pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuasi kualitatif. Subjek Penelitian ini adalah siswa kelas VIII B, guru PAI kelas VIII B, dan kepala sekolah SMP N 1 Tretep Temanggung. Observasi, wawancara, dan dokumentasi adalah metode yang digunakan untuk pengumpulan data. Teknis analisis data yang digunakan dalam metode ini adalah analisis manual, temuan menunjukkan bahwa penerapan metode Joyfull Learning untuk menanamkan sikap kerjasama pada siswa pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP N 1 Tretep berjalan dengan baik. Sikap kerjasama siswa dalam pembelajaran PAI juga berjalan dengan baik dan diminati oleh siswa yaitu melalui penggunaan model kooperatif dan model diskusi; Namun, terkadang guru kesulitan mengatur kondisi kelas.


Full Text:

PDF

References


Agustin, n. (2021). Peran Guru dalam Membangun karakter Siswa. Yogyakarta: UAD Press.

Akhyar, D. B. (2021). Model-model Pembelajaran. Sukoharjo: CV. Pradina Pustaka Grup.

Busahwi. (2021). Implementasi Cooperative Learning dalam Metode Pendidikan Islam. Pamekasan: Duta Media Publishing.

Kusnadi. (2018). Metode Pembelajaran Kolaboratif Penggunaan Tools SPSS dan Video Scribe. Tasikmalaya: Edu Publisher.

Kusumawati, N., & Rulviana, V. (2017). Pengembangan Kurikulum di Sekolah Dasar. Magetan: CV Ae Media Gravika.

Maemunawati, S., & Alif, M. (2020). Peran Guru, Orang Tua, Metode dan Media Pembelajaran: Strategi KBM di Masa Pandemi Covid-19. Banten: Penerbit 3M Media Karya serang.

Parhusip, R. H. (2018). Manajemen Kelas. Malang: Literasi Nusantara.

Purba, S. (2021). Landasan Pedagogik: Teori dan kajian. Samosir: Yayasan Kita Menulis.

Rukajat, A. (2018). Manajemen Pembelajaran. Sleman: CV. Budi Utama.

Subakti, H. (2021). Inovasi Pembelajaran. Samosir: Yayasan kita menulis.

Syukurman. (2020). Sosiologi Pendidikan Memahami Pendidikan dari Aspek Multikultuarisme. Jakarta: Kencana.

Wijoyo, H. (2021). Efektivitas Proses Pembelajaran di Masa Pandemi. Solok: Insan Cendekia Mandiri.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/am.v5i1.4968

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


a