Pengaruh Minat Membaca Al-Qur’an Terhadap Keaktifan Mengikuti Instagram @Ngajilagi.Id di Indonesia

Asriati Aulia Malik, Siti Hajaroh

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui minat membaca al-Qur’an pengikut instagram pada akun @ngajilagi.id dan apakah minat membaca al-Qur’an memiliki pengaruh atau tidak terhadap keaktifan mengikuti akun instagram @ngajilagi.id. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan ex-post facto atau jenis penelitian kuantitatif.  Peneliti menggunakan teknik sampling purposive pada teknik sampling dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat baca Al-Qur'an di Indonesia sangat besar. Hasil analisis menunjukkan bahwa 4% berada pada kategori sangat rendah, 21% pada level rendah, 29% pada level sedang, 36% pada kategori tinggi dan 10% pada kategori tinggi. . Aktivitas follower Instagram @ngajilagi.id di Indonesia tergolong Medium (cukup tinggi). Hal ini terlihat dari hasil analisis, bahwa sebanyak 8% termasuk dalam kategori sangat rendah, 21% termasuk dalam kategori rendah, 38% dalam kategori sedang, 23% dalam kategori tinggi dan 10%. berada dalam kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil analisis dan pengolahan data penelitian yang dilakukan oleh peneliti diperoleh nilai signifikansi 0,000<; 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan H1 diterima. Oleh karena itu, minat membaca Al-Qur'an mempengaruhi pengikut Instagram @ngajilagi.id di Indonesia. Pengaruh minat baca Al Quran terhadap aktivitas follow Instagram @ngajilagi.id di Indonesia sebesar 24,7%. 


Full Text:

PDF

References


Agung, I. G. N. (2004). Statistika: Penerapan Metode Analisis untuk Tabulasi Sempurna dan Tak Sempurna (Cet. 2). Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Aminuddin, Zainuddin, D., & Muhtadin. (2005). Pendidikan Agama Islam Untuk Perguruan Tinggi Umum. Bogor: Ghalia Indonesia.

Ardial. (2015). Paradigma dan Model Penelitian Komunikasi (Cet.2). Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. (2002). Metodelogi Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Azis, N., Juhannis, H., Wayong, Muh., & Rahman, U. (2021). Peranan Orang Tua dalam menumbuhkan Minat Membaca Alquran Anak di Kota Makassar. Tarbawi Jurnal Pendidikan Agama Islam, 06, 68.

Damayanti, N. A., & Harti. (2014). Pengaruh Tingkat Keaktifan Penggunaan Jejaring Sosial Terhadap Perilaku Konsumtif Siswa SMAN 9 Surabaya dalam Berbelanja. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 2.

David Moeljadi dkk. (2016). Kamus Besar Bahasa Indoensia Jilid V. Badan Pengembangan Bahasa dan Pembukuan, Kementeian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Retrieved from https://github.com/yukuku/kbbi4

Dina Maharani, O., Laksono, K., & Sukartiningsih, W. (2017). Minat Baca Anak-anak di Kampoeng Baca Kabupaten Jember. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 3, 320–3228.

Ellis Ormrod, J. (2009). Psikologi Pendidikan: Membantu Siswa Tumbuh dan Berkembang. Jakarta: Erlangga.

Fadli, A., Masnun, Taufik, Nashuddin, & Suprapto. (2021). Pedoman Skripsi UIN Mataram 2021. Mataram: UIN Mataram.

Fathurrohman, M., & Sulistyorini. (2012). Belajar dan Pembelajara. Yogyakarta: Teras.

Guilford J.P. (1956). Fundamental Statistic in Psychology and Education. New York: McGraw-Hill Book Company, Inch.

Hajaroh, S., & Raehanah. (2021). Statistik Pendidikan. Mataram: Sanabil.

Jayanti, Y. D. N. (2013). Pengembangan Inventori Kesiapan Kerja pada Siswa SMK Jurusan Pemasaran di SMKN 1 Depok (Skripsi). Univarsitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Jumeni. (2018). Upaya Meningkatkan Minat Membaca Al-Qur’an Sesuai Dengan Hukum Tajwid di SMPN 8 Parepare (Skripsi). IAIN Parepare, Parepare.

Kementerian Agama RI. (2014). Al-Qur’an dan Terjemahannya Edisi Tajwid. Solo: Zamrud Tiga Serangkai.

Kinantiar, D. A. (2018). Pengaruh Akun Instagram HIPWEE Terhadap Sikap Followersnya (Skripsi). STIK Wartawan Surabaya, Surabaya.

Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.

Mehta, C. R., & Patel. (2010). IBM SPSS Exact Tests. Massachusetts: Harvard School of Public Health.

Morissan. (2014). Metode Penelitian Survei. Jakarta: Kencana.

Mustofa. (2018). Digitalisasi Koleksi Karya Balai Perpustakaan sebagai Upaya Pelayanan di Era Natives. Jurnal Perpustakaan Universitas Airlangga, 8, 62.

Noor, J. (2017). Metodologi Penelitian (Cet. 7). Jakarta: Kencana.

Nuna. (n.d.). Ngajilagi. Retrieved June 10, 2022, from http://ngajilagi.id/

Rahmadi. (2011). Pengantar Metodologi Penelitian. Banjarmasin: Antasari Press.

Ramadani, N. F., Sesmiarni, Z., Aprison, W., & Iswantir. (2022). Minat Baca Al-Qur’an pada Siswa di SMP Negeri 3 Ampek Nagari Kab. Agam. Koloni, 1(2), 347–358. https://doi.org/10.31004/koloni.v1i2.68

Ramadhon, M. R. (2019). Pengaruh Akun Dakwah “Shift†di Instagram Terhadap Perilaku Religius Mahasiswa Ilmu Komunikasi Tahun Angkatan 2015 UIN Sunan Ampel (Skripsi). UIN Sunan Ampel Surabaya, Surabaya.

Sappaile, B. I. (2012). Konsep Penelitian Ex-post Facto. Jurnal Pendidikan Matematika, 1, 105–113.

Sardiman. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sari, A. (2018). Pengaruh Minat Baca dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XI IIS pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 1 Mojosari. JUPE, 6, 326–366.

Shaleh, & Wahab, M. A. (2004). Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam. Jakarta: Prenada Media.

Siregar, S. (2017a). Metode Penelitian Kuantitatif (Cet. 4). Jakarta: Kencana.

Siregar, S. (2017b). Statistik Parametrik untuk Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Bumi Aksara.

Suciati, Ramadhani, G., Purbosari, P. M., Astuti, D. S., & Sartono, B. (2022). Psikologi Pendidikan. Klaten: Penerbit Lakeisha.

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syofyan, H. (2016). Penyuluhan dan Pelatihan Pendidikan tentang Pembuatan Kisi-kisi Soal untuk Guru-guru di Yayasan Perguruan Biruul Waalidain Semplak Bogor. Jurnal Abdimas, 3(1), 12–17.

Wulandari, I. I. (2019). Pemanfaatan Instagram Sebagai Media Komunikasi dakwah pada Komunitas Yuk Ngaji Pekanbaru (Skripsi). UIN Sultan Syarif Kasim Riau, Riau.

Wulandari, K. W. (2019). Pengaruh Akun Instagram Muslim Designer Community Terhadap Minat Dakwah Masyarakat (Skripsi). UIN Sunan Ampel Surabaya, Surabaya.

Zaid Arsyad. (n.d.). Zaid Arsyad Hidayat—Chief Executive Officer—Ngaji Lagi Indonesia | LinkedIn.

Zamzami, S. S. (2021). Pengaruh Keaktifan Mengikuti Kajian Agama Online Terhadap Pengamalan Ibadah Mahasiswa Universitas Mataram pada Masa Pandemi Covid-19 Tahun 2021 (Skripsi). UIN Mataram.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/am.v5i1.4921

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


a