Berkomunikasi Melalui Media Sosial Berbasis Kebenaran dan Nilai-Nilai Moralitas

Muslikh Muslikh

Abstract


Media sosial merupakan sarana efektif dalam berkomunikasi antar individu, apalagi sejak pandemic Covid-19 melanda Indonesia, orang terpaksa berkomunikasi secara virtual, menghindari tatap muka dan kerumunan untuk mencegah penyebaran virus. Namun asyiknya orang bermedia sosial, seringkali lupa terhadap rambu-rambu dalam berinteraksi, sehingga bisa terjadi konflik bahkan melanggar hukum, karena konten yang disampaikan mengandung unsur-unsur seperti ketidakbenaran, kebohongan, tidak menjaga kerahasiaan informasi, mendiskriditkan individu/kelompok, dan hal-hal lain yang dikatagorikan menabrak norma-aturan, baik posisinya sebagai individu, warga masyarakat bahkan orang beragama. Penelitian ini mengkaji aspek kebenaran dan moralitas sebagai landasan dalam berkomunikasi melalui media sosial. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan metode analisis kritis. Hasil penelitian ini adalah nilai-nilai kebenaran dan moralitas seharusnya saling beriringan bahkan tidak bisa dipisahkan, agar tujuan dan manfaat berkomunikasi melalui media sosial dapat tercapai serta kondusifitas tetap terjaga.  


Full Text:

PDF

References


Adib, Muhammad, Filsafat Ilmu, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2011, cetakan ke-2.

Anas, Mohamad, dkk, Filsafat Ilmu, Orientasi Ontologis, Epistemologis dan Aksioloogis Keilmuan, Bandung : PT Rosda Karya, 2018, cetakan pertama.

Atmaja, I Gede, dkk, Filsafat Ilmu, Dari Pohon Pegetahuan Sampai Karakter Keilmuan-Ilmu Hukum, Malang : Madani, 2014.

Bakhtiar, Amsal, Filsafat Ilmu, Jakarta : PT RajaGrafindo Persada, 2012, cetakan ke-11.

Banasuru, Aripin, Filsafat dan Filsafat Ilmu, Bandung : Alfabeta, 2013, cetakan ke satu.

Efendi, Onong Uchjana, Human Relations Dan Public Relations Dalam Management, Bandung : Mandar Maju, 1989, cetakan ke-VII.

Endraswara, Suwardi, Filasfat Ilmu, Konsep, Sejarah dan Pengembangan Motode Ilmiah, (Jakarta : Caps, 2013), cetakan ke-2.

Fautanu, Idzam, Filsafat Ilmu, Teoeri & Aplikasi, Jakarta : Referensi, 2012 cetakan pertama.

Fisher, B. Aubrey, (terj. : Soejono Trimo), Teori-Teori Komunikasi, Bandung : PT Remaja Rosdakarya, 1986.

Jaenudin, Ujam, Teori-Teori Kepribadian, Bandung : Pustaka Pelajar, 2015, Cetakan ke- 1.

Jalaluddin, Filsafat Ilmu Pengetahuan, Jakarta : PT RajaGrafindo Persada, 2014, Cetakan ke-2.

Latif, Mukhtar, Orientasi kea rah pemahaman Filsafat Ilmu, Jakarta : Prenadamedia Group, 2015, cetakan ke-3.

Manik Astajaya, I. Ketut, Widya Duta, Etika Komuniasi di Media Sosial, Jurnal Ilmiah Ilmu Agama dan Ilmu Sosial Budaya, Vol 15 no 1, 2020.

Muslikh, Pendidikan Islam di Era Merdeka Belajar Perspektif Pemikiran Paulo Freire dan Ki HadjarDewantara, Jakarta : PT Rajagrafindo Persada, 2022, cetakan ke-1.

Poespoprodjo, Filsafat Moral, Kesusilaan dana Teori dan Praktek, Bandung : Pustaka Grafika, 1999, Cetakan ke-1.

Pranarka, A.M.W., Epistemologi Dasar, Suatu Pengantar, Jakarta : Centre For Strategic and International Studies (CSIS), 1987.

Resta, Yosia Polando, Loko Kada Jurnal Teologi Kontekstual & Oikumenis, vol. 01 no 2,02 September 2021.

Rohman, Arif, Epistemologi & Logika, Yogyakarta : Aswaja Pressindo, 2014, cetakan pertama.

Saifuddin Anshari, Endang, Ilmu, Filsafat dan Agama, Surabaya : PT Bina IImu, 1987, Cetakan Ketujuh.

I. Ketut Manik Astajaya, Widya Duta, Vol 15 no 1 2020).

Sobur, Alex, Kamus Besar Filsafat, Bandung : Pustaka Setia, 2017, Cetakan 1.

Soekanto, Soerjono, Sosiologi Suatu Pengantar, Jakarta : PT Grafindo Persada, 2012, cetakan ke-44.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung : Alfabeta, 2019, Cetakan ke-1.

------------, Metode Peneltian Kombinasi, Bandung : Alfabeta, 2017, Cetakan ke-9.

------------, Metode Penelitian, Bandung : Alfabeta, 2016, cetakan ke-23.

Suriasumatri, Jujun S. Filsafat Ilmu, Sebuah Pengantar Populer, Jakarta : Pustaka Pelajar, 2007, Cetakan ke duapuluh

Syam, MS., Nina W, Filsafat Sebagai Akar Ilmu Komunikasi, Bandung : Simbiosa Rekatama Media, 2010, Cetakan pertama.

Tim Redaksi, Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama, 2008, Edisi Keempat

Ya’qub, Hamzah , Manajemen Kepemimpinan, Bandung : CV Diponegoro, 1984, cetakan pertama.

Zaprulkhan, Filsafat Ilmu, Sebuah Analisis Kontemporer, Jakarta : PT RajaGrafindo Persada, 2019, cetakan kelima.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

Tri Anggriawan, Aprial, Pengaruh Media Sosial Terhadap Perilaku Masyarakat,

AGUNA: Jurnal Ilmu Komunikasi, Volume 3, No. 1, Januari 2022, hlm 38-46 E-ISSN: (online) ISSN: 2746-6558 (cetak), 2022.

https://kominfo.bengkulukota.go.id/pengaruh-media-sosial-terhadap-perilaku-masyarakat/?cfchlftk=E2Lao3u9UheEPhQkYV0U0vYETHVNg6 AMATbtYaNjaqU-1642479876-0-gaNyc Gz NBuU

https://qwords.com/blog/pengertian-komunikasi/

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5881873/4-tujuan-komunikasi-dalam-kehidupan-sehari-hari-siswa-sudah-tahu.

http://repository.poltekkes-tjk.ac.id/2922/ 6 /BAB%20II.pdf

https://lifestyle.kontan.co.id/news/5-media-sosial-yang-paling-banyak-digunakan-tahun-20




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/am.v5i1.4763

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


a