Abstract
Selama pandemi covid-19 pembelajaran berlangsung secara online baik dengan synchronous maupun asynchronous. Dalam melaksanakan pembelajaran secara online penggunaan media pembelajaran sangat dibutuhkan sebagai alat bantu pendidik dalam memberikan materi. Salah satu media yang dapat digunakan sesuai dengan karakteristik pembelajaran adalah pengunaan video pembelajaran dengan active presenter. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana efektifitas penggunaan video pembelajaran dengan active presenter terhadap pemahaman mahasiswa pada materi pembelajaran akidah akhlak. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan teknik one group pretest-posttest design. Instrumen yang dilakukan dalam penelitian ini adalah instrumen test berupa essay untuk mendapatkan nilai awal (pre-test) dan mendapatkan nilai akhir (post-test) dan angket untuk mengetahui kepraktisan video pembelajaran dengan active presenter. Adapun sampel dalam penelitian ini adalah mahasiswa IAIN Metro program studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) semester 6 dengan jumlah mahasiswa sebanyak 35 orang. Analisis data untuk mengetahui pengaruh atau efektifitas sebelum dan sesudah perlakuan penulis menggunakan teknik analisis paired sampel t-tes. Berdasarkan data yang diperoleh disimpulkan bahwa kepraktisan video pembelajaran dengan menggunakan active learning masuk dalam kriteria sangat baik dengan rata-rata presentase sebesar 93,4%. Sehingga video pembelajaran dengan menggunakan active presenter layak digunakan dalam proses pembelajaran. Berdasarkan data dapat dilihat bahwa nilai rata-rata pretest dari 35 mahasiswa sebesar 73,83 dan rata-rata posttest sebesar 82,10 dengan selisih rata-rata sebesar 8,27. Kemudian diketahui nilai Sig. = 0.00 dimana nilai α = 0.05, karena nilai Sig. < α sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai pretest dan posttest sangat berbeda signifikan. Jika dilihat dari rata-rata marginalnya bahwasannya nilai posttest lebih besar dari nilai pretest. Sehingga dapat disimpukan bahwa terdapat pengaruh yang sangat signifikan penggunaan video pembelajaran dengan active presenter terhadap pemahaman mahasiswa atau dengan kata lain penggunaan video pembelajaran dengan active learning efektif digunakan dalam perkuliahan.
References
Farell, Geovanne, Wakhinuddin Simatupang, and M Giatman. “EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Analisis Efektivitas Pembelajaran Daring Pada SMK Dengan Metode Asynchronous Dan Synchronous.” Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan 3, no. 4 (2021): 1185–90.
Gusmania, Yesi, and Tri Wulandari. “Efektivitas Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Video Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa.” Pythagoras 7, no. 1 (2018): 61–67. https://doi.org/10.33373/PYTHAGORAS.V7I1.1196.
Ismawati, Dwi, and Iis Prasetyo. “Efektivitas Pembelajaran Menggunakan Video Zoom Cloud Meeting Pada Anak Usia Dini Era Pandemi Covid-19.” Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini 5, no. 1 (2020): 665. https://doi.org/10.31004/obsesi.v5i1.671.
Ningtyas, Dea Tara. Ngaji Online Di TPA Dengan Menggunakan Video Pada Masa Pandemi. Edited by S.Pd Dr. Adi Wijayanto, M.Pd, Petrus Anton, S.Pd, Erick Burhein, M.Pd, Arrinda Luthfiani. 1st ed. Tulungagung: Akademi Pustaka, 2022.
Parlindungan, Doby Putro, Galang Pakarti Mahardika, and Dita Yulinar. “Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Video Pembelajaran Dalam Pembelajaran Jarak Jauh ( PJJ ) Di SD Islam An-Nuriyah.” Prosiding Seminar Nasional Penelitian LPPM UMJ, 2020, 1–8. http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaslit%0AE-ISSN: