Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Psikologis Siswa Terdampak Social Distancing Akibat Covid 19

Safira Rona Mahmudah

Abstract


Penerapan pembelajaran daring berbasis pendidikan islam terdampak social distancing didunia pendidikan islam khususnya dikalangan siswa berakibat psikologis siswa yang buruk. Akibatnya, siswa kurang interaksi sosial dengan lingkungan sekitar, keefektifan belajar berkurang dan merasakan kebosanan. Artikel ini bertujuan untuk memberikan gambaran dan menganalisis model pembelajaran daring dalam pendidikan islam terhadap psikologis siswa terdampak social distancing. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kualitatif dalam bentuk kepustakaan model Creswell. Sumber data diperoleh dari literatur-literatur pembelajaran daring, psikologis siswa, covid 19. Teknik pengumpulan data dengan melakukan penelusuran terhadap literatur terkait, baik secara manual maupun digital. Teknik analisis data menggunakan analisis model Moleong. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring tidak efektif dikalangan siswa karena psikologis siswa terganggu Penerapan tersebut saat ini memegang peran penting dalam dunia pendidikan islam, tetapi penerapan sistem pembelajaran daring tidak semudah yang dibayangkan, terdapat beberapa aspek yang harus dipenuhi terlebih dahulu. Segi praktisnya, pembelajaran daring sangat efektif untuk pembelajaran ditengah covid 19. Namun, tidak untuk psikologis siswa. Pembelajaran daring tersebut dapat dikembangkan menjadi pembelajaran yang lebih efektif dengan memperhatikan psikologis siswa terdampak social disctancing.


Full Text:

PDF

References


Aen, N., Syafa’atunNahriyah, & Nurhidayat. (2019). Pengaruh Pendidikan Karakter Islam Terhadap Kemampuan Bersosialisasi Siswa. Jurnal Al – Mau’izhoh, 1(2), 33–42.

Afendi, A. H., & Aji, T. S. (2019). Pendidikan Agama Bagi Masyarakat Populis Dengan Metode Profetik Teaching And Learning. 1(2), 23–32.

Ahmad, I. (2018). Proses Pembelajaran Digital dalam Era Revolusi Industri 4 . 0 Era Disrupsi Teknologi. Kementerian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi, 1–13.

Ainissyifa, H. (2019). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Al-Qur’an. Mumtaz: Jurnal Studi Al-Qur’an Dan Keislaman, 2(1), 1–26.

Arifah, U., Suyitno, H., & Dewi, N. R. (2019). Kajian Teori : Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Melalui Model Brain Based Learning Berbantuan Powtoon. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 718–723. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Arizal, A. S., Fatkhia, A. R., Humairah, C. Z. L., Sugianto, A., Umar, M. A., & Yulia, I. (2019). Pendidikan Akidah Akhlak Dengan Metode Brain Based Learning. BELAJEA: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 61. https://doi.org/10.29240/belajea.v4i1.767

Bedard, C., Papalia, Communication, T., & Network, I. (2009). Perkembangan Manusia. Communication, 6, 1–34.

Boyinbode, O. K., Agbonifo, O. C., & Ogundare, A. (2017). Supporting Mobile Learning with WhatsApp based on Media Richness. Circulation in Computer Science, 2(3), 37–46. https://doi.org/10.22632/ccs-2017-251-89

Cresweel, john w. (2015). Penelitian Kualitatif Dan Desain Riset. International Journal of Physiology, 3(1), 674.

Cruz, A. P. S. (2013). Analisis Deskriptif Hasil Belajar Pembelajaran Tatap Muka dan Pembelajaran Daring Menurut Gaya Belajar Mahasiswa. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Gon, S., & Rawekar, A. (2017). Effectivity of E-Learning through Whatsapp as a Teaching Learning Tool. MVP Journal of Medical Sciences, 4(1), 19. https://doi.org/10.18311/mvpjms/0/v0/i0/8454

Hakim, L. (2012). Model Integrasi Pendidikan Anti Korupsi dalam Kurikulum Pendidikan Islam. Taklim, 10(2), 141–156.

Idris, R. (2009). Mengatasi Kesulitan Belajar Dengan Pendekatan Psikologi Kognitif. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 12(2), 152–172. https://doi.org/10.24252/lp.2009v12n2a3

Kampf, G., Todt, D., Pfaender, S., & Steinmann, E. (2020). Persistence of coronaviruses on inanimate surfaces and their inactivation with biocidal agents. Journal of Hospital Infection, 104(3), 246–251. https://doi.org/10.1016/j.jhin.2020.01.022

Kuntarto, E. (2017). Keefektifan Model Pembelajaran Daring Dalam Perkuliahan Bahasa Indonesia Di Perguruan Tinggi. Journal Indonesian Language Education and Literature, 3(1), 99–110. http://www.syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/jeill/%0APEMBELAJARAN

Ladimo, M. P., & Irwan. (2020). Middle East Respiratory Syndrome-Corona Virus (MERS-COV) Menggegerkan Dunia Bagian Timur. Gorontalo Journal Health and Science Community, 4(1), 18–28.

Lexy J. Moleong, D. M. . (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT.Remaja Rosdakarya.

Malwa, R. U. (2018). Dukungan Sosial Orangtua Dengan Motivasi Belajar Siswa Putra Tahfidz Al-Qur’an. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 3(2), 137–144. https://doi.org/10.19109/psikis.v3i2.1758

Noer, S. H. (2013). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dan Pembelajaran Matematika Berbasis Masalah Open-Ended. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1). https://doi.org/10.22342/jpm.5.1.824.

Pangondian, R. A., Santosa, P. I., & Nugroho, E. (2019). Faktor - Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0. Seminar Nasional Teknologi Komputer & Sains (SAINTEKS), 1(1), 56–60. https://www.prosiding.seminar-id.com/index.php/sainteks/article/view/122

Pendidikan, J., & Vol, I. (2017). Signifikansi Brain Based Learning Pendidikan Anak Usia Dini. 11(1), 1–24.

Ratnawati. (2017). Signifikansi penguasaan guru terhadap psikologi siswa dalam proses belajar mengajar. Terampil Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 48–64.

Romlah. (2016). Manajemen Pendidikan Islam. Manajemen Pendidikan Islam, 1–232. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004

Saifurrahman. (2019). Desain Pembelajaran Keagamaan Islam Berbasis Neurosains. Al-Murabbi, 6(1), 55–73.

Sugiyanto. (2014). Psikologi Pendidikan Diagnostik Kesulitan Belajar ( Dkb ). 0274, 113–132. http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/pendidikan/sugiyanto-mpd/26-bab-6.pdf

Sukmawati. (2020). Implementasi Pemanfaatan Google Classroom Dalam Proses Pembelajaran Online di Era Industri 4 . 0. 8(1).

Tian, S., Hu, N., Lou, J., Chen, K., Kang, X., Xiang, Z., Chen, H., Wang, D., Liu, N., Liu, D., Chen, G., Zhang, Y., Li, D., Li, J., Lian, H., Niu, S., Zhang, L., & Zhang, J. (2020). Characteristics of COVID-19 infection in Beijing. Journal of Infection, 80(4), 401–406. https://doi.org/10.1016/j.jinf.2020.02.018

Wilder-Smith, A., & Freedman, D. O. (2020). Isolation, quarantine, social distancing and community containment: pivotal role for old-style public health measures in the novel coronavirus (2019-nCoV) outbreak. Journal of Travel Medicine, 27(2), 1–4. https://doi.org/10.1093/jtm/taaa020

Xu, C., Luo, X., Yu, C., & Cao, S. J. (2020). The 2019-nCoV epidemic control strategies and future challenges of building healthy smart cities. Indoor and Built Environment. https://doi.org/10.1177/1420326X20910408

Zhang, Leon Zhao, J, Zhou, Lina, F, Jay, J. (2004). CLASSROOM. 47(5), 74–79.

Zhou, E. W. (2020). 101 Tips Berbasis Sains Yang Dapat Menyelamatkan Hidup Anda. 14.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :
 
 
Editorial Office:
Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Agama Islam, Universitas Majalengka.

Jl. Kh. Abdul Halim No 103 Majalengka 

Tlp: (0233) 8285486
 
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.