Pengaruh Pendidikan Karakter Islam Terhadap Kemampuan Bersosialisasi Siswa

Nurul Aeni, Syafa'atun Nahriyah, Nurhidayat Nurhidayat

Abstract


Pendidikan karakter Islam merupakan pengetahuan tentang kebaikan yang bertujuan untuk membentuk kepribadian secara prespektif Islam, menimbulkan komitmen untuk melakukan  kebaikan sehingga akhirnya menjadi kebiasaan dalam pikiran dan tindakan. Kemampuan bersosialisasi merupakan kemampuan yang membantu individu menyesuaikan diri bagaimana cara berfikir agar dapat berperan sebagai proses komunikasi dan proses interaksi yang dilakukan oleh individu dalam ruang lingkup sosial hidupnya sejak lahir sampai meninggal dunia. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui pendidikan karater Islam siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jatitujuh; 2) Mengetahui kemampuan bersosialisasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jatitujuh; 3) Mengetahui pengaruh pendidikan karakter Islam terhadap kemampuan bersosialisasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jatitujuh tahun ajaran 2018/2019.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode dekskriptif kuantitatif. subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jatitujuh dengan jumlah siswa 186 siswa. Pengambilan sampel menggunakan rumus  Suharsimi Arikunto yaitu mengambil 20% yaitu 37 siswa. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah menggunakan kuesioner angket. Pengujian hipotesis menggunakan uji analisis regresi, uji normalitas, uji validitas dan reliabilitas dengan menggunakan SPSS 21. Berdasarkan Hasil perhitungan variabel pendidikan karakter Islam dengan Kemampuan bersosialisasi siswa menggunakan SPSS 21 penelitian ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh sebesar 34,8%  pendidikan karater Islam terhadap kemampuan bersosialisasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Jatitujuh dan 65,2% di pengaruhi oleh faktor lainya yang belum di telitiadapu hasil uji hipotesis. Diketahui thitung> ttabel  yaitu 4.319 > 2.724 maka Ha diterimaHo di tolak. sehingga pendidikan karakter Islam berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan bersosialisasi siswa. Dari perhitungan regresi maka didapat persamaan y = Y = 19.328 + 0,511X ini menunjukan kenaikan satu satuan variabel pendidikan karakter Islam dapat menyebabkan kenaikan kemampuan bersosialisasi pada siswa sebesar 0,511.


Full Text:

PDF

References


Abdul Hayyie Al-Kattani dkk. 2002. Bagaimana Mencintai Rasulullah Saw., Jakarta, GEMA INSANI PRESS.

Abdul Majid dan Dian Andayani. 2014. Pendidikan Karakter Prespekif Islam, Bandung,PT. Remaja Rosdakarya.

Alwi Hasan dkk. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta

Amanatus Shobroh. 2012. Skripsi Pengaruh Pendidikan Karakter Terhadap Pembentukan Kejujuran Siswa MTs N Galur Kulon Progo Yogyakarta

Arip Alimin. 2013. Skripsi Pengaruh Pendidikan Karakter terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran Produktif Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Elektonika Industri di SMK N 1 Losarang Kabupaten Indramayu

Ash-Shabuni, Muhammad Ali. 2014. Shafwatu At-Tafasir. Shidan Bairut, Libanon.

Aulia Habibul Aziz. 2015. Skripsi Peranan Kemampuan Bersosialisasi Dan Beradaptasi Motivasi Belajar Siswa Kelas xi Jurusan Teknik Gambar Bangunan SMKN III Yogyakarta

Damsar. 2011. Pengantar Sosiologi Pendidikan, Jakarta,Kencana Prenada Media Group.

Debi Rulita Setyo Harsono (2016) Skripsi Hubungan Penyesuaian Diri Dengan Kemampuan Bersosialisasi Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 23 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017

Departemen pendidikan Nasional. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta

Didi Supriadie dan Deni Darmawan. 2013. Komunikasi Pembelajaran, Bandung, Remaja Rosdakarya.

E. Mulyasa.2014. Manajemen Pendidikan Karakter,Jakarta, PT.Bumi Aksara.

H.A.Yunus dan E. Kosmajadi. 2015. Filsafat Pendidikan Islam, Majalengka, Universitas Majalengka.

Marzuki. 2016. Pendidikan Karakter Islam, Jakarta, Amzah.

Mas’ud. 2017. Metodelogi Penelitian, Majalengka, Universitas Majalengka.

Muhammad Rifa’i. 2011. Sosiologi Pendidikan: struktur & interaksi sosial di dalam institusi pendidikan, Yogyakarta, Ar-Ruzz Media.

Muhibbin Syah. 2001. Psikologi Belajar, Jakarta, PT.Logos Wacana Ilmu.

Nasehudien. 2008. Metode Penelitian Kualitatif Dan Kuantitatif,Yogyakarta, Simbosa Rakatama Media.

Nasution. 2004.Metodologi Penelitian Untuk Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif, Bandung, Penerbit Alfabeta.

Nina.W Syam. 2015. Psikologi Sosia,Bandung, Simbosa Rakatama Media.

Pupuh Fathurahman dan M. Sobry Sutikno. 2007. Strategi Belajar Mengajar Melalui Penanaman Konsep Umum Dan Konsep Islami, Bandung, PT.Refika Aditama.

Soeharto. 2005.Statistik Dan Metodologi Penelitian,Jakarta, PT.Bumi Aksara.

Sudjana. 2001.Metodologi Penelitian,Bandung, PT.Refika Aditama.

Sugiono. 2017. Statistika Untuk Penelitian, Bandung, Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian suatu pendekatan praktik, Jakarta, Rineka Cipta.

Supardi. 2006. Statistika Dan Metode Penelitian,Jakarta, Wacana Ilmu.

Suyadi. 2014. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakte, r Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.

Syafarudin. 2002. Manajemen Pendidikan Berbasis Sekolah,Jakarta, Quantum Teaching.

Syaiful Bahri Djamara., 2011. Psikologi Belajar, Jakarta, Rineka Cipta.

Syaiful Bahri Djamarah. 2012.Guru & Anak didik dalam Interaksi Edukatif, Jakarta, Rineka Cipta.

Website:

https://kbbi.web.id/sosiologi di akses 31 Maret 2019: pukul 21.30 WIB

https://www.irfanabunaveed.net/2016/07/mendudukkan-hadits-aku-diutus-untuk .html?m=1i di akses 20 Juli 2019 : Pukul 08.08




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/am.v1i2.1675

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


a