USULAN RUTE DISTRIBUSI PRODUK MAKANAN RINGAN GUNA MEMINIMUMKAN BIAYA DISTRIBUSI PADA IKM P. MADANI DI CIKONENG DENGAN METODE ALGORITMA CLARKE AND WRIGHT SAVING

Maman Hilman

Abstract


IKM P. MADANI merupakan IKM penghasil produk makanan ringan di Cikoneng, Ciamis yang menerapkan model distribusi secara langsung dengan konsep satu mobil untuk satu toko, kirim satu hari setelah order. Rute distribusi tidak dikelola karena satu mobil hanya mengunjungi satu toko – tidak terjadi penggabungan toko ke dalam satu rute. Konsep yang diterapkan dinilai kurang efisien, sehingga biaya distribusi produk cukup besar. Salah satu penyebabnya adalah karena tidak diberlakukannya pengelolaan rute distribusi dengan baik.
Perumusan masalah dalam penelitian ini meliputi bagaimana rute distribusi produk yang diterapkan oleh IKM P. MADANI sekarang, serta bagaimana usulan rute distribusi produk yang mampu meminimumkan biaya distribusi IKM P. MADANI. Dalam penentuan usulan rute distribusi yang dikenal dengan Vehicle Routing Problem, digunakan metode algoritma Clarke and Wright Saving.
Berdasarkan hasil penelitian, didapat perbandingan biaya distribusi selama satu bulan antara rute distribusi sekarang yang menghabiskan jarak tempuh 13.724 km atau senilai Rp. 8.924.538 dengan rute distribusi usulan yang menghabiskan jarak tempuh 7.540,8 km atau senilai Rp. 5.825.268. Penghematan yang dicapai oleh rute distribusi usulan adalah senilai Rp. Rp. 3.099.270 dengan penghematan jarak tempuh sebanyak 6.183,2 km. Hasil tersebut menunjukkan bahwa usulan rute distribusi produk dengan menggunakan metode algoritma Clarke and Wright Saving mampu meminimumkan biaya distribusi produk IKM P. MADANI.


Full Text:

PDF

References


Efendi, Ahmad. 2015. Analisis Rute Distribusi Penyaluran Aqua Galon pada Area Bandung di PD. AUREL. Jurnal Media Teknologi Vol. 02, Fakultas Teknik Universitas Galuh.

Pujawan, I N. dan R., Mahendrawati E.. 2010. Supply Chain Management Edisi Kedua. Penerbit Guna Widya, Surabaya.

Rahmawati, Puji. 2014. Penentuan Rute Distribusi Gas LPG di PT. Wina Putra Jaya Menggunakan Algoritma Clarke and Wright Savings. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Rezki, P., Sahari, A. dan Resnawati. 2016. Penentuan Rute Pendistribusian Tabung Gas LPG 3 Kg Menggunakan Metode Clarke and Wright (Studi Kasus UD. Syamsudin Oemar). Jurnal Ilmiah Matematika Terapan, Universitas Tadulako, Palu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


ISSN Cetak : 2528-3820

Copyright © 2016 Fakultas Teknik Universitas Majalengka. All Right Reserved.