PENINGKATAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

Yuyu Yuliati

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kualitas pembelajaran di SD. Tujuan
penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan apakah peningkatan keterampilan berpikir
kreatif siswa yang mendapatkan pembelajaran berbasis masalah lebih baik daripada siswa
yang mendapatkan bukan PBM. Metode penelitian yang digunakan yaitu quasi
eksperiment dengan desain pre- and post test design. Penelitian ini dilaksanakan di kelas
V salah satu sekolah dasar negeri di Kabupaten Majalengka pada tahun ajaran 2014/2015
dengan subjek penelitian sebanyak 24 siswa kelas eksperimen dan 24 siswa kelas kontrol.
Kelas ekperimen diberi perlakuan PBM, sedangkan kelas kontrol dengan bukan PBM.
Kedua kelompok diberikan pre test dan post test dengan menggunakan instrumen tes yang
sama. Instrumen yang digunakan terdiri atas butir soal uraian dan lembar observasi. Data
pre test dan post test diolah menggunakan bantuan program SPSS 20 for Windows. Hasil
analisis data menunjukan bahwa keterampilan berpikir kreatif siswa pada kelas eksperimen
mengalami peningkatan yang lebih baik dibanding siswa pada kelas kontrol.
Kata Kunci:Eksperimen, keterampilan berpikir kreatif, pembelajaran berbasis masalah
(PBM)

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.