CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DAPAT MENINGKATKAN PENALARAN MATEMATIS SISWA DI SEKOLAH DASAR KELAS V SD

Yeni Dwi Kurino

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya kualitas pembelajaran di SD. Tujuan
penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan apakah peningkatan penalaran siswa dengan
menggunakan contextual teaching and learning dapat meningkat sesuai yang diharapkan
peneliti. Penelitian ini dilaksanakan di kelas V salah satu sekolah dasar negeri di
Kabupaten Majalengka pada tahun ajaran 2015/2016 dengan subjek penelitian sebanyak 19
siswa. Hasil analisis data menunjukan bahwa penalaran matematis siswadapat meningkat. Hal
ini terlihat dari hasilData awal sebelum melakukan tindakandengan rata-rata 66,05
mengalami kenaikan pada siklus I tindakan I menjadi rata-rata 73,47. Begitu pula pada
siklus I tindakan II mengalami kenaikan menjadi rata-rata 75,10. Pada siklus II tindakan I
persentase keberhasilan mencapai rata-rata 79,47 mengalami kenaikan menjadi rata-rata
93,16 pada siklus II tindakan II. Dengan melihat peningkatan pada setiap siklusnya yang
semakin meningkat, sehingga pada siklus kedua mencapai rata- rata 93,16. Maka
penelitian inipun diberhentikan karena sudah memenuhi harapan.
Kata kunci:CTL, matematika, penalaran matematis

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.