PENGARUH KEBIJAKAN DIVIDEN DAN PERTUMBUHAN ASET TERHADAP BETA SAHAM SYARIAH PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI JAKARTA ISLAMIC INDEX

Melia Wida Rahmayani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kebijakan dividen dan pertumbuhan aset terhadap beta saham syariah pada perusahaan yang terdaftar di Jakarta Islamic Index tahun 2011-2014. Variabel kebijakan dividen yang diukur dengan menggunakan dividen payout rasio (DPR).

Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis deskriptif dan metode analisis verifikatif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 15 perusahaan dengan jumlah data sampel sebanyak 60 dan menggunakan teknik purposive sampling. Alat analisis yang digunakan yaitu analisis regresi berganda.

Berdasarkan pengujian hipotesis maka didapatkan hasil bahwa kebijakan dividen tidak berpengaruh signifikan terhadap beta saham syariah. Pertumbuhan  aset tidak berpengaruh signifikan terhadap beta saham syariah. Kemudian secara simultan kebijakan dividen dan pertumbuhan aset tidak berpengaruh signifikan terhadap beta saham syariah.

 

Kata kunci: Kebijakan Dividen, Pertumbuhan Aset dan Beta Saham Syariah.


Full Text:

PDF

References


Anggi Mashita Ratna dan Maswar Patuh Priyadi. 2011. Pengaruh Faktor Fundamental dan Variabel Makro Ekonomi Terhadap Beta Saham Syariah. Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya.

Choirun Nisaa’ Rujitoningtyas. 2013. Analisis Pengaruh Kebijakan Deviden dan Struktur Modal Terhadap Beta Saham (Studi pada Saham Syariah di Perusahaan yang terdaftar di BEI periode 2009-20011). Skripsi-Universitas Diponegoro.

Dwi Budi Prasetyo Supadi dan M. Nuryatno Amin. 2012. Pengaruh Faktor Fundamental dan Risiko Sistematis Terhadap Return Saham Syariah. Media Riset Akuntansi, Auditing & Informasi, Vol. 12. No. 1. Universitas Trisakti.

Elza Novera. 2013. Pengaruh Pertumbuhan Aset, Kebijakan Dividen, dan Likuiditas Terhadap Beta Saham (Studi Empiris pada Perusahaan Finance yang Terdaftar di BEI). Skripsi-Universitas Negeri Padang.

Ety Rochaety. 2007. Metode Pewnelitian Bisnis Dengan Aplikasi SPSS. Mitrawacanamedia. Jakarta.

Fidiana. 2010. Pengaruh Tingkat Suku Bunga, Tingkat Inflasi, dan Rasio Keuangan terhadap Beta Saham Syariah. Jurnal Investasi. Vol. 6. Hal. 31-46. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia Surabaya.

Hartono, Jogiyanto. 2009. Teori Potofolio dan Analisis Investasi. Edisi VI. BPEE.Yogyakarta.

Hartono, Jogiyanto. 2010. Teori Portofolio dan Analisis Investasi.. BPFE. Yogyakarta.

Ghozali Imam. 2006. Statistik Non-parametrik. Universitas Diponegoro. Semarang.

Kasmir, S.E., M.M. 2010. Pengantar Manajemen Keuangan. Edisi Pertama. Jakarta : Kencana.

Kukuh Tri Kurniawan. 2007. Pengaruh Faktor-faktor Fundamental Terhadap Risiko Sistematis Saham Perbankan yang Listed di Bursa Efek Jakarta. Skripsi- Universitas Jember.

M. Iqbal Aruzzi dan Bandi. 2003. Pengaruh Tingkat Suku Bungan, Rasio Profitabilitas, dan Beta Akuntansi Terhadap Beta Saham Syariah di Bursa Efek Jakarta. Simposium Nasional Akuntansi VI.

Mir’atul Chairiyah. 2013. Pengaruh Asset Growth, Return On Equity, Total Asset Turnover, dan Eaning Per Share Terhadap Beta Saham. Artikel-Universitas Negeri Padang.

Nurul Huda dan Mustafa Edwin Nasution. 2008. Investasi pada Pasar Modal Syariah. Kencana. Jakarta

Nurul Huda dan Mohamad Kaykal.2010. Lembaga Keuangan Islam. Jakarta. Kencana. Edisi Pertama.

Rina Soviani. 2015. Pertumbuhan Financial Leverage dan Pertumbuhan aktiva terhadap Risiko Sistematis(Beta) (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2010-2013). Artikel-Universitas Negeri Padang.

Sugiyono. 2012. Statistika Untuk Penelitian. CV. Alfabeta. Bandung.

Suseno, Yustiantomo Budi. 2009. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Beta Saham (Studi Kasus Perbandingan Perusahaan Finance dan Manufaktur yang Listing di BEI tahun 2005-2009). Tesis-Universitas Diponegoro.

Titin Herawati. 2010. Pengaruh Kebijakan Dividen, Kebijakan Hutang dan Profitabilitas Terhadap Nilai Perusahaan.Universitas Negeri Padang.

Tony Wijaya. 2009. Analisis Data Penelitian Menggunakan SPSS. Universitas Atma Jaya. Yogyakarta.

Yulian Ade Candra. 2012. Analisis Variabel yang Mempengaruhi Beta Saham (Studi Pada Perusahaan yang Terdaftar di Jakarta Islamic Index Bursa Efek Indonesia). Jurnal- Universitas Brawijaya Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/mr.v3i2.2410

Refbacks

  • There are currently no refbacks.