Inflasi dan BI 7-Day Repo Rate: Faktor Penentu Profitabilitas Bank Umum Syariah di Indonesia

Abd. Kholik Khoerulloh, Gita Priyanti, Neng Sri Astuti Sya'adah, Anggi Amirudin

Abstract


Inflasi dan BI 7-day repo rate merupakan salah satu faktor eksternal yang mempengaruhi profitabilitas Bank Umum Syariah di Indonesia. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh inflasi dan BI 7-day repo rate terhadap profitabilitas Bank Umum Syariah di Indonesia. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Analsis data yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa inflasi mempunyai pengaruh negatif terhadap profitabilitas Bank Umum Syariah dengan koefisien variabel -0,065. Namun, hasil dari uji t menunjukkan bahwa inflasi tidak berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas Bank Umum Syariah karena nilai tsig > α (0,05). Sementara BI 7-day repo rate mempunyai pengaruh positif dengan koefisien variabel 0,323 dan berpengaruh signifikan terhadap profitabilitas Bank Umum Syariah karena nilai tsig < α (0,05). Hasil uji simultan menunjukkan bahwa inflasi dan BI 7-day repo rate mempunyai pengaruh signifikan terhadap profitabilitas Bank Umum Syariah.

Full Text:

PDF

References


Ayhanasoglou, P., & et.al. (2005). Bank Specific, Industry-Specific and Macroeconomic Determinants of Bank Profitability. MPRA Paper.

BI. (t.thn.). BI 7-day (Reverse) Repo Rate. Diambil kembali dari Bank Indonesia: https://www.bi.go.id/id/moneter/bi-7day-RR/penjelasan/Contents/Default.aspx

Budiono. (1989). Ekonomi Moneter. Yogyakarta: BPFE.

Chen. (2004). Research on Impacts of Team Leadership on Effectiveness. Cambridge: The Jurnal of American Academy of Business.

Darmawi, H. (2006). Pasar Financial dan Lembaga-Lembaga Finansial. Jakarta: Bumi Aksara.

Dwijayanthy, F., & Naomi, P. (2009). Analisis Pengaruh Inflasi, BI Rate, dan Nilai Tukar Mata Uang Terhadap Profitabilitas Bank Periode 2003-2007. Karisma, 87-98.

Editor. (2013). Pengaruh Profitabilitas, Growth Opportunity, Sruktur Modal terhadap Nilai Perusahaan pada Perusahaan Publik di Indonesia. Buletin Ekonomi Moneter dan Perbankan, 131.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program IBM SPSS 23. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Guru, B. K. (2000). Determinant of Commercial Bank Profitability in Malaysia. Asian Academy of Management Journal, 3-4.

Haron, S. (2004). Determinant of Islamic Bank Profitability. Global Journal of Finance and Economics, 1-22.

Hidayati, A. N. (2014). Pengaruh Inflasi, BI Rate dan Kurs Terhadap Profitabilitas Bank Syariah di Indonesia. An-Nisbah, 72-97.

Karim, A. (2010). Bank Syariah: Analisis Fiqih dan Keuangan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Khoerulloh, A. K. (2019). Pengaruh Pendapatan Bagi Hasil Mudharabah dan Margin Murabahah Terhadap Laba Usaha pada BMT Muda Surabaya. Maro: Jurnal Ekonomi syariah dan Bisnis, 38-54.

Muhammad. (2011). Manajemen Bank Syariah . Yogyakarta: UPP-STIM YKPN.

Muljono, T. P. (1996). Bank Budgeting Profit, Planning and Control. Yogyakarta: BPFE.

Murni, A. (2006). Ekonomi Makro. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Ogowewo, T. I., & Uche, C. (2006). (MIS)using Bank Share Capital as a Regulatory Tool to Force Bank Consolidation in Nigeria. Journal of African Law, 161-186.

Rahardja, P., & Manurung, m. (2008). Pengantar Ilmu Ekonomi (Mikroekonomi dan Makroekonomi). Jakarta: LPFE Universitas Indonesia.

Siamat, D. (2005). Manajemen Lembaga Keuangan: Kebijakan Moneter dan Perbankan. Jakarta: LPFE Universitas Indonesia.

Soemitra, A. (2009). Bank dan Lembaga Keuangan Syariah. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2015). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, & Wibowo, E. (2004). Statistik untuk Penelitian dan Aplikasi dengan SPSS 10.0 For Windows. Bandung: Alfabeta.

Sutedi, A. (2009). Perbankan Syariah. Bandung: Ghalia Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/mr.v3i1.2097

Refbacks

  • There are currently no refbacks.