Pertumbuhan Ekonomi dalam Perspektif Islam

Rizal Muttaqin

Abstract


Pertumbuhan ekonomi (economic growth) dipandang sebagai bagian terpenting dalam kebijakan ekonomi di negara maupun sistem ekonomi manapun. Karena pertumbuhan ekonomi menjadi salahsatu indikator meningkatnya kesejahteraan masyarakat. Meskipun demikian, ditengah pesatnya perkembangan dalam bidang industri, sains, dan revolusi teknologi, di negara-negara maju kemiskinan absolut dan sejumlah permasalahan ekonomi lainnya masih terjadi. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis isu pertumbuhan ekonomi yang akan dikaji dengan kacamata ekonomi Islam. Peneliti menggunakan metode studi kepustakaan yang berkaitan erat dengan kajian teoritis dan referensi lain yang terkait dengan nilai, budaya, dan norma yang berkembang pada situasi sosial yang diteliti. Hasil penelitian ini menemukan bahwa dalam kajian ekonomi Islam, persoalan pertumbuhan ekonomi telah menjadi perhatian para ahli dalam wacana pemikiran ekonomi Islam klasik. Konsep ini pada dasarnya telah dirangkum baik secara eksplisit maupun implisit dalam Al-quran, sunnah maupun pemikiran-pemikiran ulama Islam terdahulu. Kekhasan pertumbuhan dan pembangunan dalam ekonomi Islam ditekankan pada perhatian yang sangat serius pada pengembangan sumberdaya manusia sekaligus pemberdayaan alam untuk meningkatkan harkat dan martabat manusia. Ini tidak hanya diwujudkan dalam keberhasilan pemenuhan kebutuhan material saja, namun juga kebutuhan dan persiapan menyongsong kehidupan akhirat.

Full Text:

PDF

References


Agustianto. “Pertumbuhan dan Pembangunan Ekonomi dalam Perspektif Ekonomi Islam.” Diakses Februari 11, 2009. http://agustianto.niriah.com/2008/10/04/pertumbuhan-dan-pembangunan-ekonomi-perspektif-ekonomi-islam-2.

Ahmad, Kursyid. “Pembangunan Ekonomi dalam Perspektif Islam.” In Etika Ekonomi Politik. Jakarta: Risalah Gusti, 1997.

Al-Tariqi, Abdullah Abdul Husain. Ekonomi Islam: Prinsip, Dasar dan Tujuan. Yogyakarta: Magistra Insania Press, 2004.

Alvi, Safiq A., dan Amer Al-Raubaie. “Strategi Pertumbuhan Ekonomi yang Berkesinambungan dalam Persepsi Islam.” Islamia II, no. 5 (2005).

Chapra, M. Umer. Islam and The Economic Challenge. Yogyakarta: Dana Bhakti Wakaf, 1998.

Ghazali, Aidit. Islamic Thinkers on Economics, Administration and Transactions. Kuala Lumpur: Quill Publishers, 1991.

Naqvi, Syed Nawab Haidar. Menggagas Ilmu Ekonomi Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2003.

Pertadireja, Ace. Pengantar Ekonomika. Yogyakarta: BPFE, 1984.

Sadeq, Abul Hasan Muhammad. Economic Development in Islam. Malaysia: Pelanduk Publication, 1991.

Soule, George. Pemikiran Para Pakar Ekonomi Terkemuka. Jakarta: Kanisius, 1994.

Sukirno, Sadono. Pengantar Teori Makro Ekonomi. II. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 1999.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.