Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Intensi Dalam Membayar Wakaf Uang Pada Pegawai Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Dki Jakarta

Ida Nuraini

Abstract


Faktor-faktor yang dimaksudkan dan menjadi tujuan penelitian ini adalah pengaruh secara parsial dari sikap, norma subyektif dan kepercayaan pada niat dalam membayar uang tunai-waqf pada karyawan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan pendekatan korelasi. Pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan Proportionate Stratified Random Sampling, dengan sampel adalah 136 yang beragama Islam. Analisis data teknis menggunakan analisis persyaratan analisis, analisis uji asumsi, analisis regresi, analisis korelasi dan penentuan. Dari uji persyaratan analisis, data dinyatakan normal dan linier dengan hasil persamaan regresi berganda Ỹ = 8,268 + 0,157X1 + 0,170 X2 + 0,261X3. Dari analisis data, diperoleh nilai T untuk sikap 3,206, norma subyektif 3,552, dan kepercayaan 6,989> 1,978 (T Tabel). Oleh karena itu, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara parsial, sikap, norma dan kepercayaan subjektif memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap niat membayar uang tunai-wakaf. Studi ini menyimpulkan secara parsial bahwa sikap yang lebih baik, tingkat norma dan kepercayaan subjektif yang lebih tinggi, akan meningkatkan niat mereka dalam membayar wakaf tunai. Cara lain, sikap yang kurang baik, tingkat norma dan kepercayaan subjektif yang lebih rendah, akan mengurangi niat mereka dalam membayar wakaf tunai.


Full Text:

PDF

References


Agama, D. (2006). Paradigma Baru Wakaf di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam.

Ajzen, Icek. (2005). Attitude, Personality and Behavior. England: Open University Press.

Azwar, S. (1995). Sikap Manusia, Teori dan Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bocarnea, M. C., Reynolds, R. A., & Baker, J. D. (2013). Online Instruments, Data Collection and Elektronc Measurements Organizational Advancement. USA: Information Sience Reference.

Brennan, L., Binney, W., Parker, L., Aleti, T., & Nguyen, D. (2014). Social Marketing and Behavior Change. Cheltenham: Edward Elgar.

David Smallbone, H. L.-E. (2009). Entrepreneurship and Growth in Local, Regional and National Economies. UK: Edward Elgar Publishing Limited.

Departemen Agama. (2006). Perkembangan Pengelolaan Wakaf di Indonesia. Jakarta: Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed by :

 

 

 

Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi 4.0 Internasional.