Pelaksanaan Asas Kerelaan Terhadap Pola Transaksi E-Commere (Analisis Surat An-Nisa, Ayat 20)

Enden Haetami, Dudi Badruzaman

Abstract


Dinamika fenomena dan problematika yang dihadapi manusia abad ini sering kali dihadapkan pada pengujian keluasan dan kedalaman ajaran Islam. Semua tata ruang hidup manusia tidak lepas dari corak dan keragaman dinamika yang terus berkembang tanpa henti sementara finalisasi nash sudah terhenti di era Rasulullah. Bisnis dengan segela kreativitas dan inovasi yang berkembang mengambil andil dalam membaca ajaran Islam secara komprehensif dan menguji syumuliyah atau komplisitas Islam sebagai ajaran agung yang dibawa Muhammad saw. 

Fenomena E-Comerrce yang berkembang begitu pesat abad ini merupakan fenomena yang sedikit tidak membawa pada sikap re-thingking  terhadap konsep muamalah klasikal konvensional atau mencari formulasi fikih konstruktif dan responsif terhadap persoalan bisnis modern. Kajian ini berusaha mengungkapkan implementasi dari salah satu konsep muamalah yang sangat urgen namun menentukan legalitas dari suatu muamalah yang dijalani, sehingga relevan dengan titah serta ajaran Islam yang sudah dipetakan dalam nash al-Qur’an dan hadits. Terlebih ketika hal itu disoroti dari aspek Dilalah Al-Nash yang ada dalam al-Qur’an, dan penelitian ini akan mengkaji fenomena E-Comerrce dari sudut pandang ayat al-Qur’an surat An-Nisa ayat 29.

 Secara yuridis, E-Comerrce masih relevan dengan rumusan fikih klasikal selama prinsip-prinsip syariah tidak dilanggar dan dihilangkan dari substansi kontrak yang dilakukan. Refleksi dari prinsip kerelaan bisa divisualisasikan dalam ucapan, tulisan dan isyarat, dan ketiga bentuk sikap ridho tersebut bisa diimplementasikan dan bisnis online. 

 

 ABSTRACT

The dynamics of the phenomena and problems facing mankind this century are often faced with the breadth and depth of testing the teachings of Islam. All spatial human life cannot be separated from the patterns and diversity dynamics of evolving without stopping while the finalization of the texts has been stalled in the era of the Prophet. Business with a glass of creativity and innovation that developed taking part in reading the teachings of Islam in a comprehensive and tested syumuliyah or complicity sublime teachings of Islam as brought Muhammad.

E-Comerrce phenomenon that is growing so rapidly this century is a phenomenon that bit did not bring on the attitude towards the concept of re-thinking muamalah conventional classical formulation or seek Jurisprudence constructive and responsive to modern business problems. This study tried toreveal the implementation of one of the concepts muamalah urgent yet determine the legality of an muamalah lived, so it is relevant to the word and the teachings of Islam that has been mapped in the texts of the Qur'an and hadith. Especially when it highlighted aspects of dilalah Al-Nash that exist in the Qur'an, and this study will examine the phenomenon of E-Comerrce from the standpoint of verses of the Qur'an Surat an-Nisa verse 29.

 Legally, E-Comerrce is still relevant to the formulation of the classical fiqh for Islamic principles are not violated and removed from the substance of the contract is done. The reflection of the principle of willingness can be visualized in speech, writing and signed, and all three forms of the blessing of attitude could be implemented and the online business.

Kayword : Taradin, E-Comerrce,   

 

 

 


Full Text:

PDF

References


Abdul Halim Hasan Binjai, Tafsir al-Ahkam, (Jakarta: Kencana, 2006)

Abdul Halim Barakatullah & Teguh Prasetyo. Bisnis E-Commerce : Studi Sistem Keamanan dan Hukum di Indonesia. (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2006),

Abdurrahman Nashir as-Sa’adi: Penerjemah, Muhammad Iqbal. Tafsir as-Sa’adi, Juz.2. (Jakarta: Darul Haq, 2007)

Abi Abdillah Muhammad bin Ahmad al-Anshory al-Qurthuby, al-Jami’ Liahkamil Qur’an, (Bairut: Dar al-Kutub al-Alamiah, 1993)

Abudin Nata, Metodologi Studi Islam, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2000),

Adiwarman Azwar Karim, Bank Islam : Analisis Fiqih dan Keuangan, (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2007)

Ahmadi Miru, “Hukum Kontrak & Perencanaan Kontrakâ€, (Jakarta: Rajawli Press, 2010)

Burhanuddin S., Hukum Kontrak Syari’ah, (Yogyakarta: BPFE, 2009)

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahan : Al-Jumânatul ‘Ali, (Bandung: CV. Penerbit J-ART, 2004).

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia. (Jakarta: Balai Pustaka, 1995)

Gemala Dewi. Dkk. “Hukum Perikatan Islam di Indonesiaâ€. (Jakarta: Kencana, 2006).

H. M. Arifin Hamid, Membumikan Ekonomi Syari’ah di Indonesia : Perspektif Sosio-Yuridis, (Jakarta: eLSAS, 2007)

Imam al-Syaukani, al-Darari al-Mudhi’ah Syarah al-Durar al-Bahiyyah, (Bairut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyah, 1987).

Ibrahim al-Bajuri, Al-Bajuri, (Dar. Ihya al-Kutub al-Arabiyah, 1999),

Julia Aswunatha dan Suharto, Panduan Praktis Internet, (Jakarta: Widyaloka, 1996).

Jusmaliani, dkk. Bisnis Berbasis Syari’ah. (Jakarta: Bumi Aksara, 2008).

M. Ali Hasan, Berbagai Macam Transaksi dalam Islam, ( Jakarta; PT. Raja Grafindo Persada, 2004)

Mardani, Hukum Ekonomi Syari’ah. Margianti dan D.Suryadi, Sistem Informasi Manajemen, (Jakarta: Gunadarma, 1994),

Muhammad Teguh, Metedologi Penelitian Ekonomi, (Jakarta: Rajawali Press, 2005)

Munir Fuady, “Pengantar Hukum Bisnis : Menata Bisnis Modern di Era Globalâ€. (Bandung; PT. Citra Aditya Bakti, 2012)

Muslihun Muslim, Fiqh Ekonomi dan Positivisasinya di Indoesia, (Mataram; LKIM IAIN Mataram, 2006)

Mustafa Kamil, Wawasan Islam dan ekonomi :Sebuah Bunga Rampai. (Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesaia, 1997).

Syamsul Anwar, “Hukum Perjanjian Syari’ah: Studi Tentang Teori Akad dalam Fikih Muamalah, (Jakarta: Rajawali Press, 2007)

Triton Prawira Budi. Binis Lewat Internet. (Yogyakarta: ORYZA, 2009)

Wahbah Az-Zuhaely, al-Fiqhul Islam Wa Adillatuhu, juz.IV (Bairut: Dar al-Fikr, 1985).

Yahya Ahmad Zein, Kontrak Elektronik & Penyelesaian Sengketa Bisnis E-Commerce dalam Transaksi Nasional dan Internasional, (Bandung: CV. Mandar Maju, 2009)




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/mr.v3i1.1043

Refbacks