PENGARUH LATIHAN AKSELERASI BALANCE COORDINATION RUNNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR LARI CEPAT PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Ali Priyono

Abstract


Berdasarkan tujuan penelitian ini, adalah Untuk mengetahui pengaruh latihan akselerasi balance coordination running terhadap peningkatan hasil belajar lari cepat pada siswa Sekolah Dasar.
Metode yang di gunakan dalm penelitian ini adalah metode eksperimen, hal ini dimaksudkan karena masalah yang dihadapi mengungkapkan pengaruh sebab akibat. Tes pengumpulan data yang digunakan adalah tes. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes lari cepat 40 meter Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa putra 20 siswa. Sempel yang di ambil adalah seluruh populasi yaitu 20 siswa.
Data yang diperoleh dari hasil pengumpulan tersebut, selanjutnya diolah dan di analisis dengan menggunakan statistik yang cocok. Yang pada akhirnya penelitian kelompok eksperimen dapat mengambil kesimpulan sebagai berikut : rata-rata tes awal 7.895 dan rata-rata tes akhir 6.820
Hasil perhitungan uji normalitas lilierfor tes awal 0.923 dan priode tes akhir 0.892: uji satu pihak (pihak kanan) t hitung pada taraf a 0.05 berada di luar batas interval t table (t hitung > t table = 6.674 > 2.093 atau t hitung < t table = 6.674 < 2.093 ), maka dari itu data tersebut di ketahui ada perbedaan kelompok eksperimen pada tes awal dan akhir. Ini artinya kelompok eksperimen menunjukan adanya perkembangan yang berarti atau ada peningkatan dalam hasil latihan akselerasi balance coordination running terhadap peningkatan hasil belajar lari cepat pada siswa sekolah dasar. Dalam kata lain bahwa latihan akselerasi balance coordination running terhadap peningkatan hasil belajar lari cepat yang di lakukan secara teratur dalam jangka waktu empat minggu memberikan pengaruh yang berarti terhadap peningkatan hasil belajar lari cepat.

Kata Kunci: Akselerasi Balance Coordination Running, Lari Cepat

Full Text:

PDF