PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN DENGAN PERMAINAN BOLA GANTUNG BERANGKA UNTUK MENINGKATKAN GERAK DASAR ANAK USIA DINI DI KECAMATAN PANYINGKIRAN KABUPATEN MAJALENGKA

Udi Sahudi, Maya Nurhayati

Abstract


Pendidikan usia dini dilakukan sebagai salah satu syarat pada jenjang pendidikan dasar. Terkait upaya meningkatkan kemampuan gerak dasar siswa maka pendidik khususnya pada jenjang pendidikan usia dini di harapkan mampu memfasilitasi peningkatan kemampuan anak
dalam meningkatkan kemampuan gerak dasar. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan pembelajaran berbasis permainan sebagai suatu alternatif dalam pembelajaran pendidikan jasmani khususnya peningkatan gerak dasar siswa. Permainan yang diterapakan adalah
permainan boila gantung berangka. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian eksperimen. Dengan menggunakan sampel penelitian sebanyak 30 orang anak usia dini. Hasil penelitian Berdasarkan hasil penghitungan yang dilakukan peneliti diperoleh nilai
Thitung sebesar 0.27 dan Ttabel sebesar 2,05. maka dari hasil penghitungan tersebut jelaslah bahwa hipotesis dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Terdapat pengaruh yang efektif dari penerapan permainan bola gantung berangka terhadap kemampuan gerak dasar anak usia dini di Kecamatan Panyingkiran Kabupaten Majalengka.. Dengan kata lain setelah melihat hasil penghitungan tersebut, maka dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan diterima. Guru atau orang tua harus mendorong anak-anak untuk menghabiskan beberapa
jam di lingkungan luar yang serba guna setiap hari untuk mempromosikan pengembangan kemampuan gerak dasar anak dengan cara bermain.
Kata Kunci: Pembelajaran Berbasis Permainan, Gerak Dasar Motorik, Bola Gantung Berangka

Full Text:

PDF PDF