Vol 10, No 2 (2016)

PERBANDINGAN HASIL PEMBELAJARAN DENGAN ALAT KONVENSIONAL DAN MODIFIKASI TERHADAP HASIL TOLAK PELURU GAYA ORTODOKS PADA S

Pembelajaran tolak peluru gaya ortodoks yang disampaikan dengan alat konvensional memiliki perbedaan dengan pembelajaran tolak peluru gaya ortodoks yang disampaikan dengan modifikasi. Sedangkan tujuan dalam penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh hasil pembelajaran dengan alat konvensional terhadap hasil tolak peluru gaya ortodoks pada siswa putra Kelas VIII SMP PGRI Kedokanbunder Indramayu. 2) Untuk mengetahui pengaruh hasil pembelajaran dengan alat modifikasi terhadap hasil tolak peluru gaya ortodoks pada siswa putra Kelas VIII SMP PGRI Kedokanbunder Indramayu. 3) Untuk mengetahui hasil pembelajaran yang lebih berpengaruh antara alat konvensional dibandingkan dengan alat modifikasi terhadap hasil tolak peluru gaya ortodoks pada siswa putra Kelas VIII SMP PGRI Kedokanbunder Indramayu.

Hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah: 1) Terdapat pengaruh yang signifikan hasil pembelajaran dengan alat konvensional terhadap hasil tolak peluru gaya ortodoks pada siswa putra Kelas VIII SMP PGRI Kedokanbunder Indramayu. 2) Terdapat pengaruh yang signifikan hasil pembelajaran dengan alat modifikasi terhadap hasil tolak peluru gaya ortodoks pada siswa putra Kelas VIII SMP PGRI Kedokanbunder Indramayu. 3) Hasil pembelajaran alat konvensional lebih berpengaruh dibandingkan dengan hasil belajar alat modifikasi terhadap hasil tolak peluru gaya ortodoks pada siswa putra Kelas VIII SMP PGRI Kedokanbunder Indramayu.

Penelitian ini dengan metode eksperimen dengan sampel tidak terpisah, karena tidak dapat mengontrol semua variabel yang mempengaruhi hasil eksperimen. Sedangkan populasi dalam penelitian ini adalah siswa putra Kelas VIII SMP PGRI Kedokanbunder berjumlah 120 siswa, dan sampel yang diambila sebanyak 25% dari jumlah populasi yaitu 30 siswa.

Berdasarkan nilai rata-rata yang diperoleh yang di peroleh, kelompok hasil belajar alat konvensional dan kelompok hasil belajar alat modifikasi masing-masing memperoleh .7262 dan .4800. Melihat hasil ini kelompok hasil belajar alat konvensional menunjukkan hasil yang lebih baik dari pada kelompok hasil belajar alat modifikasi.

 

Table of Contents