PERENCANAAN STRATEGIS SISTEM INFORMASI ENTERPRISE PADA UNIVERSITAS MAJALENGKA

ENANG Rusnandi

Abstract


Upaya perguruan tinggi untuk meningkatkan mutu layanan akademik memerlukan dukungan informasi yang memadai. Sumber-sumber informasi yang ada di lingkungan internal dan eksternal perguruan tinggi perlu dikelola dengan baik agar dapat memberikan informasi bernilai yang dapat menunjang pada setiap proses pengambilan keputusan serta untuk kepentingan efektivitas pencapaian tujuan institusi yang telah ditetapkan. Perencanaan dan proses pengelolaan sumber-sumber informasi selain memerlukan dukungan dan fasilitasi dari berbagai pihak, tertuama dari manajemen level strategis, juga memerlukan adanya arahan strategis yang berfungsi sebagai pedoman dalam proses pengembangannya.

Analisis terhadap berbagai komponen internal dan eksternal institusi untuk menghasilkan perencanaan strategis dalam pengembangan suatu sistem informasi enterprise perguruan tinggi merupakan langkah awal dalam proses pengelolaan sumber-sumber informasi. Hal tersebut dilakukan agar sistem informasi yang akan dikembangkan dapat menjadi pemicu terhadapa kesuksesan institusi dan memiliki nilai competitive advantage.

Sistem Informasi yang baik dan memenuhi standar mutu, merupakan hasil dari proses  analisis strategis institusi dan proses bisnis yang dilakukan. Analisis tersebut dimaksudkan untuk memastikan adanya kesejajaran antara strategi institusi dengan strategi sistem informasi yang dikembangkan. Dengan adanya kesejajaran tersebut, diharapkan sistem informasi akan memiliki implikasi dan pengaruh yang signifikan terhadap proses pencapaian tujuan institusi.

Universitas Majalengka merupakan salah satu institusi perguruan tinggi yang saat ini memerlukan dukungan sistem informasi enterprise yang dapat menunjang kesuksesan proses kegiatan pendidikan. Dukungan sistem informasi tersebut diperlukan oleh semua level manajemen dan operasional. Oleh karena itu perlu dilakukan sebuah upaya agar sistem informasi enterprise yang dibutuhkan sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan institusi.

Metodologi penelitian yang digunakan diawali denga melalukan pra penelitian yang dilanjutkan dengan penetapan tujuan penelitian. Selanjutnya analisis strategi institusi menghasilkan critical factor yang bermanfaat dalam menentukan kebutuhan informasi bagi setiap komponen organisasi. Sementara itu alternatif strategi yang dihasilkan dari analisis strategi institusi yang dapa dilakukan oleh Universitas Majalengka dalam rangka pengembangan sinergi dalam sistem informasi.

Strategi sistem informasi berisi beberapa rekomendasi yang berhubungan dengan penentuan measure (ukuran) dan kebutuhan informasi bagi setiap critical suess factor, analisis  portofolio aplikasi dari setiap sistem informasi yang akan dikembangkan serta beberapa rekomendasi yang berhubungan dengan tahapan dan strategi pengembnagan pad tahap selnjutnya.

Kata Kunci : Competitive Advantage, Sistem Informasi Enterprise, Strategi Sistem Informasi, Strategi Institusi, Criticl Success Faktor, Measure dan SWOT


Refbacks

  • There are currently no refbacks.