ANALISIS TERHADAP DOKUMENTASI YANG DIGUNAKAN DALAM PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN

Enang Rusnandi

Abstract


Kerja Praktek (KP) bagi mahasiswa Program Studi Teknik Informatika memiliki peranan yang cukup signifikan dalam memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar mengimplementasikan ilmu yang sudah mereka dapatkan setelah beberapa semester sebelumnya mengikuti proses pembelajaran. Pengimplementasian ilmu yang sudah mereka dapatkan ini bersifat integratif, artinya proses ini menuntuk kemampuan mahasiswa untuk mengkolaborasikan pengetahuan dan keterampilan dari berbagai mata kuliah dengan bidang implementasi yang sangat beragam, mulai dari bidang yang berhubungan dengan analisis sistem organisasi dan sistem informasi, pengembangan perangkat lunak (software), pengembangan perangkat keras (hardware) dan jaringan komputer serta bidang lain yang berhubungan dengan pemograman aplikasi. Sifat integratif di atas nampaknya muncul karena tuntutan dunia kerja terhadap kompetensi mahasiswa teknik informatika sangat tinggi, sehingga kondisi serperti ini seringkali menimbulkan permasalahan tersebdiri bagi mahasiswa praktikan.

Penelitian ini dilakukan terhadap hasil akhir dari Kerja Praktik mahasiswa yang berkenaan dengan proses pengembangan Sistem Informasi Manajemen bagi instansi dimana mereka melakukan Kerja Praktek yang berbentuk dokumentasi Laporan Kerja Praktek dan dokumentasi Sistem Informasi Manajemen yang berhasil mereka buat. Analisis dilakukan terhadap berbagai asepk yang ada pada dokumentasi pengembangan, dimana dokumentasi ini merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Laporan Kerja Praktek.

Permasalahan yang ditetapkan berkenaan dengan kesetaraan/ aligment antara hasil analisis terhadap proses bisnis dan sistem organisasi yang ada di institusi dimana mahasiswa melakukan Kerja Praktek dengan kebutuhan dan penyediaan sistem informasi serta berkenaan dengan sejauhmana dokumentasi spesifikasi sistem informasi manajemen yang telah dibuat dapat diimplementasikan kedalam program komputer.

Kata Kunci : Kerja Praktek, Software, Hardware, jaringan, Sistem Informasi Manajemen


Refbacks

  • There are currently no refbacks.