ANALISA PENERAPAN MANAJEMEN WAKTU PENGADAAN MATERIAL PADA PROYEK KONSTRUKSI JARINGAN AIR MINUM (SUB PEKERJAAN RESERVOIR KAPASITAS 150M3) (Studi Kasus di Proyek Jaringan Air Minum PDAM Kab. Majalengka)

Arief Rijaluddin

Abstract


Setiap proyek konstruksi mempunyai jangka waktu pelaksanaan yang telah ditetapkan di dalam dokumen kontrak pekerjaan. Namun, tidak semua proyek konstruksi dapat selesai tepat pada waktu yang telah ditetapkan dalam dokumen kontrak. Begitu juga di Kabupaten Majalengka, dimana perusahaan-perusahaan yang bergerak dibidang jasa konstruksi yang menangani proyek-proyek bangunan keairan juga terkadang mengalami keterlambatan. Keberhasilan melaksanakan proyek konstruksi tepat pada waktunya adalah suatu tujuan terpenting, baik bagi pemilik maupun kontraktor. Keterlambatan adalah sebuah kondisi yang sangat tidak dikehendaki, karena akan sangat merugikan kedua belah pihak dari segi biaya dan waktu.

Proyek konstruksi juga semakin hari semakin kompleks sehubungan dengan standar-standar baru yang ditetapkan, teknologi yang canggih, dan keinginan owner untuk melakukan penambahan ataupun perubahan lingkup pekerjaan. Suksesnya sebuah proyek tak lepas dari kerja sama antara pihak-pihak yang terlibat didalamnya yaitu owner, engineer, dan kontraktor. Pihak-pihak tersebut mempunyai kepentingan dan tujuan yang berbeda, sehingga konflik/perselisihan dapat mengakibatkan keterlambatan yang selalu timbul akibat perbedaan pendapat pada saat perencanaan dan pembangunan proyek.

Berdasarkan latar belakang tersebut diatas dan berdasarkan penelitian sebelumnya yang penulis lakukan pada Kerja Praktek tentang Pembangunan Konstruksi Jaringan Air Minum PDAM Kabupaten Majalengka, penulis akan menganalisa keterlambatan proyek tersebut secara empiris, yaitu dengan menggunakan metode CPM (Critical Path Method) dan metode PERT (Program Evaluation and Review).


Full Text:

PDF

References


Dipohusodo, Istimawan. (1996). Manajemen Proyek dan Konstruksi. Jilid 1. Kanisius.

Yogyakarta.

Dipohusodo, Istimawan. (1996). Manajemen Proyek dan Konstruksi. Jilid 2. Kanisius.

Yogyakarta.

Prabowo, Budiman. (1999). Keterlambatan Waktu Pelaksanaan Proyek Klasifikasi dan Peringkat dari Penyebab-Penyebabnya. Dimensi Teknik Sipil Vol. 1

Soeharto, Imam. (1995). Manajemen Proyek dari Konseptual Sampai Operasional.Erlangga. Jakarta

Soehendradjati, RJB. (1987). Diktat Kuliah : â€Manajemen Konstruksiâ€. Jurusan Teknik Sipil. Fakultas Teknik. Universitas Gajah Mada. Yogyakarta.

Sugiyono (2008). Statistik Nonparametris. CV Alfabeta, Bandung.

Mangintung, D. M. (2005) “ Manajemen Konstruksi, Definisi, Konsep dan Taxonomi.â€


Refbacks

  • There are currently no refbacks.