PENGARUH SARANA PRASARANA DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA MENGAJAR GURU SERTA DAMPAKNYA PADA PRESTASI BELAJAR SISWA PADA SMK FARMASI DI KABUPATEN MAJALENGKA

ujang permana

Abstract


Objek penelitian ini adalah Sarana Prasarana (X1) dan Motivasi Kerja Guru (X2) sebagai variabel bebas (independent variable) dan Kinerja Mengajar Guru (Y) sebagai variabel intervening dan prestasi belajar siswa (Z) merupakan variabel terikat (dependent variable).penelitian  ini menggunakan  Metode  Survei  Penjelasan  (Explanatory  Survey  Method).  Sesuai dengan  hipotesis  yang  diajukan,  dalam  penelitian  akan  digunakan  telaah  statistika yang cocok, untuk itu dalam analisis menggunakan analisis jalur (path analysis). Dalam  penelitian  ini,  menggunakan  kuesioner  (pernyataan),  dan  memakai ukuran  sampel  dari  suatu  populasi.  Dalam  hal  ini  yang  ingin  diketahui  adalah pengaruh sarana prasarana dan motivasi kerja guru terhadap kinerja mengajar guru serta dampaknya pada prestasi belajar siswa.

Hasil penelitian terdapat pengaruh positif dan signifikan antara sarana prasarana terhadap kinerja guru SMK Farmasi di Kabupaten Majalengka. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan t hitung sebesar 4.896 dengan signifikansi 0,000. Oleh karena nilai signifikansi kurang dari 0,05, maka Ho ditolak yang artinya H1 diterima.Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara motivasi kerja guru terhadap kinerja guru SMK Farmasi di Kabupaten Majalengka. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan t hitung sebesar 3.899 dengan signifikansi 0,000. Oleh karena nilai signifikansi kurang dari 0,05, maka Ho ditolak yang artinya H1 diterima.Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara sarana prasarana dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru SMK Farmasi di Kabupaten Majalengka. Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan F hitung sebesar 39.75 dengan signifikansi 0,000. Oleh karena nilai signifikansi kurang dari 0,05, maka Ho ditolak yang artinya H1 diterima.Terdapat pengaruh positif dan signifikan antara kinerja guru terhadap prestasi belajar siswa SMK Farmasi di Kabupaten Majalengka.Hal ini ditunjukkan dari hasil perhitungan t hitung sebesar 12.827dengan signifikansi 0,000. Oleh karena nilai signifikansi kurang dari 0,05, maka Ho ditolak yang artinya H1 diterima.

 

Kata Kunci: Sarana, Prasarana, Motivasi dan Prestasi


Full Text:

PDF PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.