STRATEGI PENGEMBANGAN KUALITAS PEMBELAJARAN DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS MAJALENGKA

Otong Karyono

Abstract


Banyak faktor yang mempengaruhi ketidakberdayaan perguruan tinggi ini, di antaranya strategi pengembangan organisasi perguruan tinggi yang kurang baik.Oleh karena itu, upaya mengoptimalkan kualitas pembelajaran di perguruan tinggi sesuai dengan tuntutan internal dan eksternal perlu dilakukan.Pengembangan organisasi perguruan tinggi harus mengalami peningkatan pada mutu layanan, dikelola dengan baik dan transparan, dikembangkan berlandaskan visi dan misi yang jelas, dan diikuti serta dilaksanakan oleh setiap individu yang terlibat dalam pengelolaan perguruan tinggi tersebut. Oleh karena itu,

Kekuatan dan kelemahan yang dimiliki maupun peluang dan ancaman yang dihadapi suatu perguruan tinggi dapat dianalisis dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil analisis SWOT tersebut kemudian dievaluasi untuk mengetahui bobot dan peringkat dari masing-masing faktor kekuatan, kelemahan dan peluang, ancaman dengan menggunakan Internal Factors Evaluation (IFE) matrix dan External Factors Evaluation (EFE) matrix. Kemudian hasil IFE 8 matrix dan EFE matrix, dicocokkan dengan menggunakan Internal-External (IE) matrix.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisisSWOT terlihat strategi SO memiliki skor tertinggi pada alternatif strategi pengembangan sarana dan prasarana, pengembangan metode pembelajaran, peningkatan kualitas sumber daya manusia, pengembangan bakat siswa, peningkatan kelembagaan, pengembangan dana dan pengembangan kerjasama dalam rangka memperkuat kekuatan dan memperkecil kelemahan yang ada.

Kata Kunci : Strategi Pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.