PELAKSANAAN MOTIVASI OLEH CAMAT DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR CAMAT RAJAGALUH KABUPATEN MAJALENGKA

diding bajuri

Abstract


Penulisan ini didasarkan karena adanya permasalahan, yaitu kinerja pegawai pada Kantor Camat Rajagaluh Kabupaten Majalengka masih rendah, berdasarkan pengamatan gejala tersebut diduga karena dalam pelaksanaan motivasinya Camat Rajagaluh belum sepenuhnya menerapkan asas-asas motivasi. Hal ini ditandai dengan beberapa indikator masalah yang muncul diantaranya :  1)Adannya beberapa orang pegawai yang dalam melaksanakan program kerjanya belum mencapai target atau sasaran. 2)Masih terdapatnya beberapa orang pegawai yang belum memahami tugas, pokok dan fungsinya. 3)Adanya kecenderungan rendahnya semangat kerja pegawai dalam melaksanakan tugas-tugasnya. 4)Masih terdapatnya beberapa orang pegawai yang dalam penyelesaian beberapa laporan kegiatannya mengalami keterlambatan.

                        Landasan teori yang digunakan penulis yaitu motivasi dan asas-asas motivasi yang dikemukakan Malayu S.P Hasibuan, dalam bukunya “Manajemen Dasar Pengertian dan Masalah” dan Kinerja Pegawai menurut Wibowo yanng mengutip pendapat Amstrong dan Baron dalam bukunya “Manajemen Kinerja”. Adapun hipotesisnya “Jika pelaksanaan motivasi oleh Camat dilaksanakan berdasarkan asas-asas motivasi, maka Kinerja Pegawai pada Kantor Camat Rajagaluh Kabupaten Majalengka Meningkat”.

            Metode yang digunakan adalah deskriftif analisis, teknik pengambilan data melalui wawancara, observasi dan angket. Populasi sebanyak 23 orang dari populasi tersebut diambil sampel 22 orang pegawai diberikan angket dan untuk 1 orang (Camat) dilakukan wawancara dengan menggunakan teknik total sampling atau teknik sensus.

            Berdasarkan hasil penelitian mengenai Pelaksanaan Motivasi Oleh Camat Dalam Upaya Meningkatkan Kinerja Pegawai pada Kantor Camat Rajagaluh Kabupaten Majalengka baru mencapai 68% dengan peredikat “Cukup Baik”. Sedangkan Kinerja Pegawainya baru mencapai 60% dengan predikat “Cukup Baik”. Dengan demikian maka dapat diambil kesimpulan bahwa Camat masih harus berusaha lagi dalam menerapkan asas–asas motivasi dalam upaya meningkatkan Kinerja Pegawai pada Kantor Camat Rajagaluh Kabupaten Majalengka.

            Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan : Jika Pelaksanaan Motivasi oleh Camat dilaksanakan berdasarkan Asas-asas Motivasi, maka Kinerja Pegawai pada Kantor Camat Rajagaluh Kabupaten Majalengka Meningkat”, telah terbukti kebenarannya.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.