PELAKSANAAN KEPEMIMPINAN OLEH LURAH DALAM UPAYA MENCAPAI EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI PADA KANTOR LURAH MAJALENGKA WETAN KECAMATAN MAJALENGKA KABUPATEN MAJALENGKA

tera triyantara

Abstract


Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Majalengka Nomor 10 Tahun 2009 tentang Organisasi Pemerintah Daerah Kabupaten Majalengka  dan Peraturan Bupati Majalengka Nomor 11 Tahun 2011 tentang Uraian Tugas Kecamatan dan Kelurahan di Kabupaten Majalengka disebutkan bahwa Kelurahan mempunyai tugas pokok melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati untuk menangani sebagian urusan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.  Pemerintah Kelurahan  dipimpin oleh seorang Lurah yang mempunyai tugas menyelenggarakan urusan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan.

Berkaitan dengan penyusunan penelitian yang diberi judul ,” Pelaksanaan Kepemimpinan Oleh Lurah Dalam Upaya Mencapai Efektivitas Kerja  Pegawai Pada Kantor Lurah Majalengka Wetan Kecamatan Majalengka   Kabupaten Majalengka “ ,  penyusun melaksanakan penelitian untuk mengetahui sejauhmana Pelaksanaan  Kepemimpinan Oleh Lurah Dalam Upaya Mencapai  efektivitas   kerja pegawai  pada Kantor Lurah Majalengka Wetan Kecamatan Majalengka   Kabupaten Majalengka yang merupakan salah satu indikator yang dapat dijadikan tolok ukur keberhasilan dari pelaksanaan tugas dan fungsi Lurah .

Berdasarkan pengamatan penyusun selama  penelitian pada Kantor Lurah Majalengka Wetan Kecamatan Majalengka  Kabupaten Majalengka , ternyata masih ditemui beberapa indikasi masalah yang menunjukan bahwa efektivitas kerja pegawai  pada Kantor Lurah Majalengka Wetan Kecamatan Majalengka     masih rendah.

Setelah mengolah data jawaban responden , hasil wawancara dan observasi ternyata :

  1. 1.    Pelaksanaan kepemimpinan oleh Lurah Majalengka Wetan  , khususnya dalam penerapan teknik-teknik kepemimpinan baru mencapai 66,60 % , dan efektivitas kerja pegawai pada Kantor Lurah Majalengka Wetan  baru mencapai 67%.
  2. 2.    Ternyata penerapan teknik-teknik kepemimpinan oleh Lurah  berpengaruh terhadap  pencapaian  efektivitas  kerja pegawai. Penerapan teknik kepemimpinan yang belum optimal berpengaruh pula terhadap efektivitas kerja pegawai yang juga belum optimal.
  3. 3.    Dalam penerapan teknik-teknik kepemimpinan oleh Lurah Majalengka Wetan  terdapat hambatan dan terdapat pula upaya yang dilakukan oleh Lurah mengatasi hambatan tersebut

Dengan demikian hipotesis penyusun : “Jika pelaksanaan Kepemimpinan oleh Lurah    berdasarkan teknik-teknik kepemimpinan , maka efektivitas  kerja pegawai pada Kantor Lurah Majalengka Wetan Kecamatan Majalengka Kabupaten     Majalengka tercapai ”, teruji dan dapat diterima.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.