PELAKSANAAN MOTIVASI OLEH KEPALA UPTD DALAM UPAYA MENCAPAI EFEKTIVITAS KERJA PEGAWAI DILINGKUNGAN UPTD PERALATAN DAN PERBENGKELAN PADA DINAS BINA MARGA DAN CIPTA KARYA KABUPATEN MAJALENGKA

Yadhi Maullidriyadhi, S.Sos

Abstract


Penelitian ini merupakan hasil penelitian yang telah penulis lakukan pada UPTD di Lingkungan Peralatan dan Perbengkelan pada Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Kabupaten Majalengka.Dalam penelitian ini penulis meneliti tentang pelaksanaan motivasi yang dilakukan oleh Kepala UPTD dalan Upaya Mencapai Efektivitas Kerja Pegawai di Lingkungan UPTD pada Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Kabupaten Majalengka. Dari hasil penelitian yang telah penulis lakukan ternyata  efektivitas kerja pegawai di Lingkungan UPTD pada Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Kabupaten Majalengka masih sangat rendah.

Permasalahan tersebut diduga karena Kepala UPTD dalam pelaksanaan motivasi belum sepenuhnya berdasarkan pada asas-asas motivasi.

Adapun yang dijadikan populasi maupun sampel dalam penelitian penulis adalah pegawai di Lingkungan UPTD Peralatan dan Perbengkelan pada Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Kabupaten Majalengka.Yang berjumlah 33 orang.

Metode penelitian yang penulis gunakan adalah Metode Deskriptif Analisis, yaitu suatu metode penelitian yang didasarkan fakta-fakta atau kenyataan yang ada pada saat sekarang. Kemudian fakta-fakta tersebut dikumpulkan dalam sebuah data, selanjutnya dianalisis sehingga hasil analisis tersebut dapat dipergunakan untuk menarik suatu kesimpulan Sedangkan Teknik Pengumpulan Datanya yang penulis gunakan, yaitu; studi kepustakaan ,Observasi, Wawancara dan Angket.

Dengan demikian hipotesis yang penulis ajukan dalam penelitian ini adalah  “Jika Pelaksanaan motivasi oleh Kepala UPTD berdasarkan pada asas-asas motivasi, maka efektivitas kerja pegawai di Lingkungan UPTD Peralatan dan Perbengkelan pada Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Kabupaten Majalengka akan tercapai”.

   Berdasarkan pembahasan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut : bahwa Kepala UPTDdalam pelaksanaan motivasi belum sepenuhnya berdasarkan asas-asas motivasi. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil rekapitulasi secara keseluruhan baru mendapatkan nilai rata-rata sebesar70,01% dengan predikat “Cukup Baik” 

            Kondisi demikian jelas akan berpengaruh terhadap rendahnya efektivitas kerja pegawai di Lingkungan UPTD Peralatan dan Perbengkelan pada Dinas Bina Marga dan Cipta Karya Kabupaten Majalengka, dimana secara keseluruhan berdasarkan rekapitulasi hasil tanggapan responden tentang efektivitas kerja pegawai diperoleh nilai rata-rata  sebesar70,44 % dengan predikat “Cukup Baik”


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.