PELAKSANAAN MOTIVASI OLEH CAMAT DALAMUPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN KERJA PEGAWAI PADA KANTOR CAMAT SINDANGWANGI KABUPATEN MAJALENGKA

Deni Herdiana, S.IP.,M.Si

Abstract


Berdasarkanpengamatanpenyusunmasihditemukanadanyamasalahyaitukurangtercapainyadisiplinkerjapegawaidenganditandaidaritingkatkegiatanpegawai Kantor CamatSindangwangiKabupatenMajalengkaterhadadisiplinwaktukerjamasihrendah. Hal tersebutterlihatdaripenggunaanwaktu yang tidaksesuaidenganaturan, yaitumasukkerja jam 07:30 WIB danpulang jam 13:00 WIB, seharusnyamasuk jam 07:00 danpulang jam 15:00. Kemudiandilihatdarisikapdanprilakupegawai Kantor CamatSindangwangiKabupatenMajalengkadenganpelaksanaanpekerjaannyakurangmenunjukandisiplin yang tinggi.Contohnyapegawaidalammelaksanakantugasnyakurangmaksimal, sepertinongkrongdiwarung, mengobroldanbaca Koran pada jam kerja.Hal tersebutdiatastimbulsebagaiakibatdarikurangnyapelaksanaanmotivasiolehCamat di Kantor CamatSindangwangiKabupatenMajalengka.

Dalam penelitian ini penyusun menggunakan metode deskriptif analitis, yaitu metode yang dipergunakan untuk menggambarkn atau melukiskan suatu peristiwa atau masalah yang uptodate, melakukan penelitian ke lapangan guna memperoleh data yang akurat kemudian data tersebut dikumpulkan, diklasifikasikan, diolah, dianalisis dan disimpulkan.

Berdasarkanpenelitiandalampelaksanaanmotivasidiperolehbahwa angka rata-rata nilai tertinggi baru mencapai 71% dan baru mencapai predikat “Cukup Baik”.Kemudianpelaksanaandisiplinkerjapegawaibahwa secara umum belum memiliki disiplinkerja yang optimal. hal ini terbukti dari nilai rata-rata indikator disiplinkerja yaitu sebesar 65,16 % itu artinya baru mencapai predikat “Cukup Baik”.

Pelaksanaanmotivasiberpengaruhterhadapdisiplinkerjapegawaipada Kantor CamatSindangwangiKabupatenMajalengka. Hal initerlihatdarihasilpenelitian yang dilakukanpenyusunyaitupencapaianpresentase rata-rata penerapanasas-asasmotivasiolehCamat yang mencapaipredikat “cukupbaik”, namunbarumencapai interval terendahberdasarkanpengukurananalisis data, sehinggamenghambatterhadapsemangatsertadisiplinkerjapegawaipada Kantor CamatSindangwangiKabupatenMajalengkabarumencapaipredikat “cukupbaik”.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.