PELAKSANAAN KEPEMIMPINAN OLEH CAMAT DALAM UPAYA MENINGKATKANPRESTASI KERJA PEGAWAI PADA KANTOR CAMAT BANJARAN KABUPATEN MAJALENGKA

Aceng Jarkasih

Abstract


Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Majalengka Nomor 8 Tahun 2011 tentang Perubahan Peraturan Daerah Kabupaten Majalengka Nomor 10 Tahun 2009 tentang Organisasi Perangkat Daerah Kabupaten Majalengka, Kecamatan adalah merupakan perangkat daerah kabupaten sebagai pelaksana teknis kewilayahan yang mempunyai wilayah kerja tertentu dipimpin oleh seorang Camat yang berkedudukan di bawah dan bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.

Berkaitan dengan penyusunan laporan hasil penelitian yang diberi judul,” Pelaksanaan Kepemimpinan Oleh Camat Dalam Upaya Meningkatkan Presatasi Kerja pegawai pada Kantor Camat Banjaran  Kabupaten Majalengka “,  penyusun melaksanakan penelitian untuk mengetahui sejauhmana hubungan Kepemimpinan Camat dengan prestasi   kerja pegawai pada   Kantor Camat Banjaran   Kabupaten Majalengka yang merupakan salah satu indikator yang dapat dijadikan tolok ukur keberhasilan dari pelaksanaan tugas dan fungsi Camat .

Berdasarkan pengamatan penyusun selama  penelitian pada Kantor Camat Banjaran  Kabupaten Majalengka, ternyata masih ditemui beberapa indikasi masalah yang menunjukan bahwa prestasi kerja pegawai   pada Kantor Camat Banjaran   masih rendah.

Setelah mengolah data jawaban responden, ternyata :

  1. 1.    Pelaksanaan kepemimpinan oleh Camat Banjaran , khususnya dalam penerapan teknik-teknik kepemimpinan baru mencapai 66 %, dan prestasi kerja pegawai pada Kantor Camat Banjaran  baru mencapai 66,70 %.
  2. 2.    Terdapat hubungan antara penerapan teknik-teknik kepemimpinan dengan pencapaian  prerstasi kerja pegawai . Penerapan teknik kepemimpinan yang belum optimal berpengaruh pula terhadap prestasi kerja pegawai  yang juga belum optimal.
Dalam penerapan teknik-teknik kepemimpinan oleh Camat Banjaran terdapat hambatan dan terdapat pula upaya yang dilakukan oleh Camat mengatasi hambatan tersebut.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.