PELAKSANAAN HUMAN RELATIONS OLEH CAMAT DALAM UPAYA MENINGKATKAN KINERJA PEGAWAI PADA KANTOR CAMAT PASEH KABUPATEN SUMEDANG

Tris dina

Abstract


Kegiatan human relations sangat penting dalam mencapai kinerja pegawai. Hal ini mengingat bahwa human relations merupakan salah satu fungsi dari manajemen. Kegiatan human relations ini merupakan kegiatan yang paling erat hubungannya dengan unsur manusia, bahkan dikatakan bahwa masalah human relations adalah masalah manusia dan manajemen. Pentingnya faktor manusia dalam manajemen, menyebabkan human relations sebagai kegiatan dalam menggerakan manusia. Kegiatan yang dilakukan manusia dalam organisasi salah satunya disebut dengan kinerja

Berdasarkan pengamatan penyusun selama penelitian pada Kantor Camat Paseh Kabupaten Sumedang, ternyata masih ditemui beberapa indikasi masalah yang menunjukan bahwa kinerja pegawai yang ada pada kantor Camat Paseh masih rendah. Hal ini terlihat dari indikator : 1.Masih adanya pekerjaan yang tidak selesai tepat waktu; 2.Masih adanya pegawai yang kurang merespon terhadap tugas yang diberikan oleh pimpinan; 3.Masih adanya pekerjaan yang tidak sesuai dengan anggaran yang telah ditentukan sehingga adanya pemborosan biaya/dana.

Permasalahan tersebut diduga karena Camat dalam pelaksanaan human relationsnya belum optimal. Hal ini disebabkan oleh gejala sebagai berikut :1.Diduga Camat masih terbatas memberikan kesempatan kepada pegawai untuk mengembangkan kemampuannya; 2.Diduga Camat masih terbatas dalam pemberian penghargaan atas pekerjaan yang telah dilaksanakan dengan baik oleh para pegawai; 3.Diduga Camat masih rendah memberikan perhatian dalam menyediakan peralatan kerja yang memadai untuk kelancaran pelaksanaan tugas pegawai; 4.Diduga Camat masih sulit dalam menempatkan pegawai sesuai dengan keahliannya.

Dalam penelitian ini penyusun menggunakan metode deskriptip analisis. Teknik pengumpulan data yang digunakan studi kepustakaan dan studi lapangan melalui observasi, wawancara dan angket. Populasinya sejumlah 44 orang, dan sampelnya 43 orang. Tekniknya menggunakan teknik sensus.

Hasil penelitian bahwa angka rata – rata pelaksanaan prinsip-prinsip human relations yaitu 60% “predikat Cukup”, sehingga akan berpengaruh terhadap upaya meningkatkan kinerja pegawai. Sementara tingkat kinerja pegawai baru mencapai rata – rata 59 % “predikat Cukup”.


Full Text:

docx

Refbacks

  • There are currently no refbacks.