PELAKSANAAN KEPEMIMPINAN CAMAT DALAM UPAYA MENINGKATKAN PRESTASI KERJA PEGAWAI PADA KANTOR CAMAT TALAGA KABUPATEN MAJALENGKA

Aceng Jarkasih

Abstract


Laporan Hasil Penelitian ini merupakan hasil penelitian yang telah penyusun lakukan pada Kantor Camat Talaga Kabupaten Majalengka.Berdasarkan hasil penelitian, ditemukan bahwa prestasi kerja pegawai pada kantor Camat Talaga masih rendah, hal ini terlihat dari indikator diantaranya,masih ada pegawai yang kurang atau belum memiliki kecakapan atau kemampuan sesuai dengan bidang tugasnya, sehingga masih ada pekerjaan yang belum terselesaikan sesuai target yang telah ditentukan.

Masih ditemukan beberapa pegawai yang lamban dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Permasalahan tersebut di atas diduga karena kepemimpinan Camat Talaga  belum dilakukan secara optimal, hali ini terlihat dari gejala masalah Jarangnya memberikan Solusi terhadap masalah pekerjaan pegawai, sehingga  masalah tidak bisa dipecahkan.Penyusun menduga, masalah tersebut disebabkan kepemimpinan Camat belum dilaksanakan secara optimal.

Adapun yang dijadikan populasi maupun sampel dalam penelitian penyusun adalah pegawai pada Kantor Camat Talaga berjumlah 16 orang.Metode penelitian yang penyusun gunakan adalah Metode Deskriptif Analisis. Sedangkan Teknik Pengumpulan Datanya yang penyusun gunakan, yaitu; studi kepustakaan ,Observasi, Wawancra dan Angket.

Berdasarkan pembahasan hasil penelitian, maka dapat disimpulkan sebagai berikut :bahwa Camat dalam pelaksanaan Kepemimpinannya belum sepenuhnya berdasarkan teknik-teknik kepemimpinan. Hal ini dapat dilihat berdasarkan hasil rekapitulasi secara keseluruhan baru mencapai nilai 64,06% dengan predikat “Cukup Baik”.Kondisi demikian jelas akan berpengaruh terhadap rendahnya prestasi kerja pegawai pada Kantor Camat Talaga Kabupaten Majalengka,dimana secara keseluruhan berdasarkan rekapitulasi hasil tanggapan responden tentang pencapaian prestasi kerja pegawai sebesar 66,83 %.dengan predikat “Cukup Baik”

Dari uraian tersebut maka Kepemimpinan dengan Prestasi kerja Pegawai terdapat hubungan sebab akibat, hal ini berarti hipotesis yang penyusun rumuskan, yaitu “Jika Kepemimpinan Camat Dilaksanakan Berdasarkan Pada Teknik-teknik Kepemimpinan, Maka Prestasi kerja Pegawai Pada Kantor  Camat Talaga Kabupaten Majalengka Meningkat”.dapat diterima  kebenarannya

Full Text:

docx

Refbacks

  • There are currently no refbacks.