IMPLEMENTASI METODE HYPNOTEACHING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Wina Dwi Puspitasari

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya hasil belajar siswa kelas V SDN Tarikolot I khususnya pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial yang memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 52,96 yang berati kurang dari KKM yaitu 73. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Tindakan  penelitian  dilaksanakan  dalam  tiga  siklus, masing-masing siklus terdiri dari tiga tindakan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Tarikolot I sebanyak 32 orang siswa yaitu terdiri dari 12 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Teknik yang digunkan dalam pengumpulan data adalah tes dan observasi serta diperkuat dengan dokumentasi. Data yang diperoleh berupa hasil tes sebagai data primer dan hasil observasi dan dokumentasi sebagai data pendukung. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah butir soal untuk tes evaluasi setiap siklus, lembar observasi baik guru maupun siswa untuk mengetahui perkembangan guru maupun siswa, dan foto untuk mendokumentasikan kegiatan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan penerapan metode hypnoteaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Tarikolot I. Hal ini ditunjukan dengan adanya peningkatan dari sebelum pemberian tindakan hingga siklus III. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh sebelum pemberian tindakan adalah 52,96 dengan persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 21,87%. Pada siklus I, nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 55,5 dengan persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 28,12%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 69,06 dengan persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 59,37%, Sedangkan pada siklus III nilai rata-rata kelas yang diperoleh adalah 76,31 dengan persentase siswa yang mencapai ketuntasan belajar adalah 81,25%. Kesimpulan, penerapan metode hypnoteaching dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V di SDN Tarikolot I.

 

Kata Kunci : Metode Hypnoteaching, Hasil Belajar Siswa, Mata Pelajaran IPS.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v4i1.715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Wina Dwi Puspitasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.