PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIFE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PKN SISWA KELAS V SD NEGERI CIKIJING III KECAMATAN CIKIJING KABUPATEN MAJALENGKA

Elyawati Elyawati

Abstract


Pelaksanaan penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa. Pelaksanaan penelitian didasarkan pada hasil nilai tes awal siswa kelas V SD Negeri Cikijing III khususnya dalam mata pelajaran PKn ada 18 orang yang nilainya berada di bawah KKM. Hasil tes awal tersebut mengidentifikankan bahwa perlu dilakukan penerapan pembelajaran kooperatif dengan tipe jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa. Penelitian ini melibatkan siswa kelas V semester 1 yang berjumlah 34 orang 18 siswa terdiri dari siswa perempuan dan 16 siswa terdiri dari siswa laki-laki. Penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw adalah pokus tindakan dan berlangsung dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Cikijing III dengan katagori sangat baik. Pembelajaran dengan menggunakakn pembelajaran kooperatif tipe jigsaw perlu dipertimbangkan sebagai salah satu upaya untuk meningkatkakn hasil belajar siswa.

 

Kata kunci: Pembelajaran kooperatif   dengan tipe jigsaw dan hasil belajar siswa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.