ANALISIS MODEL COOPERATIVE LEARNING TYPE STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR

Roni Rodiyana

Abstract


Berdasarkan hasil observasi dan informasi yang didapat dari guru bahwa hasil belajar siswa kelas V kurang optimal. Model cooperative learning type student facilitator and explaining merupakan model pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada siswa untuk mempresentasikan ide atau pendapat pada siswa lainnya sehingga siswa lebih aktif dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari model cooperative learning type student facilitator and explaining terhadap hasil belajar siswa di kelas V SDN Cikasarung. Sebelum dan sesudah diterapkannya model pembelajaran student facilitator and explaining dalam proses pembelajaran apakah ada atau tidak peningkatan hasil belajar siswanya, dapat diketahui peningkatan hasil belajar siswa dengan rata-rata pretest siswa yaitu 61,5 dan postest 76,75. Penelitian ini bersifat eksperimen dengan menggunakan metode kuantitatif dengan desain one grup pretest-postest. Alat pengumpulan data yang digunakan dengan soal pilihan ganda dan essay untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 20 orang siswa dengan teknik pengambilan sampel yaitu teknik Nonprobality Sampling dengan jenis Sampling Jenuh. Analisis data dengan uji t korelasi product moment. Dari hasil penelitian dengan pengolahan data menggunakan uji t korelasi product moment menunjukan bahwa nilai signifkansi diperoleh sig 0,000 kurang dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan terhadap hasil belajar siswa setelah penerapan model cooperative learning type student facilitator and explaining, terdapat pengaruh sangat positif, dengan kategori sangat setuju sehingga  ditolak.

Kata kunci: Hasil belajar siswa, model cooperative learning type student facilitator and explaining


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.