PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA

Ujiati Cahyaningsih

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi masih rendahnya hasil belajar siswa pada kelas V SDN Sukarajakulon I mata pelajaran matematika, dari pembelajaran yang hanya menggunakan model konvensional dan hanya mencapai nilai rata-rata 67,75 dengan presentase ketuntasan 42,5%. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dilakukan Penelitian Tindakan Kelas yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di Kelas V SDN Sukarajakulon I melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization). Dalam penelitian ini, peneliti bekerjasama dengan guru kelas V SDN Sukarajakulon I sebagai observer. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN Sukarajakulon I, sebanyak 40 siswa terdiri dari 20 siswa laki-laki dan 20 siswa perempuan. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah tes, observasi, dan wawancara. Data yang diperoleh berupa hasil tes sebagai data primer dan hasil observasi serta wawancara sebagai data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif untuk menganalisis hasil tes akhir pada setiap siklus dan analisis data kualitatif untuk hasil observasi setiap siklus. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika di kelas V SDN Sukarajakulon I. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan nilai dari sebelum tindakan hingga siklus II. Nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa sebelum tindakan adalah 67,75 dengan presentase ketuntasan 42,5% atau 17 siswa yang tuntas, sedangkan presentase ketuntasan siswa pada siklus I adalah 70% atau 28 siswa yang tuntas, dengan nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa adalah 70,375, dan pada siklus II nilai rata-rata kelas yang diperoleh siswa adalah 97,375 sedangkan presentase siswa yang memperoleh nilai mencapai ketuntasan belajar adalah 95% atau 38 siswa yang tuntas. Kesimpulan, bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika materi kesebangunan dan simetri di kelas V SDN Sukarajakulon I Kecamatan Jatiwangi Kabupaten Majalengka Tahun Ajaran 2015/2016.

 

 

Kata Kunci : Hasil Belajar Siswa, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI  (Team Assisted Individualization).

Full Text:

PDF

References


Abidin.Y.(2016). Revitalisasi Penilaian Pembelajaran. Bandung: PT Refika Aditama

Adjie, N., et al. (2006). Konsep Dasar Matematika. Bandung: Upi Press.

Amri, S. (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013.

Surabaya: Prestasi Pustakaraya.

Arifin, Z. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Bumi Siliwangi: PT.Remaja Rosdakarya.

Badruzaman. (2011). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) dalam Pembelajaran Fiqih Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MTs. Semarang: tidak diterbitkan.

Budianti. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sains Pada Siswa Kelas IV SDN 3 Labuan Panimba. Sulawesi Tengah: tidak diterbitkan.

Depdiknas. (2003). Undang-undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Bandung: Citra Umbara.

DePorter. B. (2010). Quantum Teaching. Bandung: Kaifa

Ekawati, E. (2011). Peran, Fungsi, Tujuan dan Karakteristik Matematika Sekolah. Bandung: Citra Umbara.

Fathurrohman, et al. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: PT Refika Aditama.

Fatimah, S. (2013). Peran, Fungsi, Tujuan dan Manfaat Pembelajaran Matematika. Bandung: Citra Umbara.

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hariyanti. (2010). Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas VII C SMP Negeri 2 Depok Sleman dalam Pembelajaran Matematika Melalui Pendekatan Investigasi (Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Negeri Yogyakarta). Yogyakarta: tidak diterbitkan.

Herman, et al. (2009). Pendidikan Matematika I. Bandung: Upi Press.

Huda. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ibrohim. (2014). Penerapan Model NHT Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar (Fakultas Matematika Universitas Negeri Yogyakarta). Yogyakarta: tidak diterbitkan.

Indaryanti. (2014). Penerapan Metode Inquiry Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar (Fakultas Matematika Universitas Negeri Yogyakarta). Yogyakarta: tidak diterbitkan.

Isjoni. (2011). Metode Pembelajaran Rumpun Pembelajaran Efektif. Bandung: CV. Wacana Prima

Iskandar. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jambi: Gaung Persada Press.

Karwati, et al. (2014). Manajemen Kelas-Classroom Management. Bandung: Alfabeta.

Kurikulum KTSP SDN Sukarajakulon I Tahun Pelajaran 2015/2016.

Kurniawati, M. (2012). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas V MI YAPPI Mulusan Paliyan Gunungkidul, Skripsi Sarjana pada Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.Yogyakarta: tidak diterbitkan.

Kusnandar. (2007). Guru Profesional Implementasi (KTSP) dan Sukses dalam Sertifikasi Guru. Bandung: PT Raja Grafindo Persada.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Megawati, et al.. (2012). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Dan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas XI IPS 1SMA Negeri 1 Banjarnegara Tahun Ajaran 2011/2012. Banjarnegara: tidak diterbitkan.

Mughitsa, G. (2011). Pembelajaran Matematika di Kelas Akselerasi SMA Negeri 8 Jakarta (Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Syarif Hidayatullah. Jakarta: tidak diterbitkan.

Muslich, M. (2009). Pembelajaran Berbasis Komunikasi dan Kontekstual. Jakarta: Bumi Aksara.

Samani, et al.(2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Saud, U. S., et al. (2010). Inovasi Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Shampobiya (2011). Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization).Bandung: Citra Umbara.

Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Siswanto, et al (2013). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Mata pelajaran Memelihara Sistem Bahan Bakar Bensin Siswa Kelas XI SMK Negeri 3 Boyolangu.Surabaya: tidak diterbitkan.

Slavin. (2011). Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik (Edisi Terjemah). Bandung: Nusa Media.

Sudjana, N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumantri, M. (2007). Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sukmadinata, N. (2010). Model Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suprihatiningrum, J. (2013) Strategi Pembelajaran : Teori dan Aplikasi. Yogyakarta:Ar-ruzz Media.

Suyadi. (2010). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: DIVA Press.

Syaripudin, T. et al. (2010). Landasan Pendidikan. Bandung : UPI PRESS.

(2013). Pedagogik Teoritis Sistematis. Bandung: Percikan Ilmu.

Tamim, A. F (2013). Penerapan Pembelajaran Tipe Numbered Heads Together (NHT) dengan Bantuan LKS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Bagi Siswa Kelas VIII-4 MTs Al-Nathoniyyah. Semarang: tidak diterbitkan.

Uno, H. (2008). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Widodo, et al. (2007). Pendidikan IPA SD. Bandung: Upi Press.

Wiyani. N.A. (2013). Manajemen Kelas. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.