MODEL PEMBELAJARAN EDUTANIMENT TERHADAP PERKEMBANGAN KOGNITIF SISWA SEKOLAH DASAR

Nur Rizka Mitasari

Abstract


MODEL PEMBELAJARAN EDUTAINMENT INI MEMILIKIMERUPAKAN METODE PEMBELAJARAN YANG MEMILIKI UNSUR-UNSUR PERMAINAN, DAN HUMOR, SEHINGGA METODE INI MEMILIKI KONSEP YANG MENYENANGKAN BAGI PARA SISWANYA, MAKA DARI ITU METODE INI SANGAT COCOK DITERAPKAN DALAM RANAH PENDIDIKAN SISWA SEKOLAH DASAR YANG DIMANA KARAKTERISTIK UTAMA DARI ANAK-ANAK SD INI MASIH SENANG DENGAN BELAJAR SAMBIL BERMAIN. SEHINGGA DIHARAPKAN DENGAN ADANYA PENERAPAN METODE INI AKAN MEMBANTU BAGI PARA GURU UNTUK DAPAT MENGEMBANGKAN RANAH KOGNITIF SISWANYA DI SEKOLAH

Full Text:

PDF

References


Andrioza (2016). Edutainment dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Mudarrisa : Jurnal Kajian Kependidikan Islam, Vol. 8, No. 1, Juni 2016, pp. 117-143, DOI: 10.18326/mudarrisa.v8i1.117-143.

Dale. H. Schunk. (2012). Learning Theories An Educational Perpective (Teori-Teori Pembelajaran Persfektif Pendidikan). (Yogayakarta: PT. Pustaka pelajar)

Fatimah Ibda, (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Intelektualitas - Volume 3, Nomor 1, Januari-Juni 2015

Hamid, Sholeh. (2011). Metode Edutainment.( Yogyakarta: Diva Press)

Hamruni, (2009). Edutainment Dalam Pendidikan Islam & Teori-teori Pembelajaran Quantum, (Yogyakarta : Fakultas Tarbiyah Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga,)

Kliegman, Robert, M., dkk (2012). Ilmu Kesehatan Anak Nelson. Ed. 15, Vol.1. Jakarta : EGC

Luh Winda Krisdayani, dkk. (2016). Pengaruh Pembelajaran Edutainment Terhadap Kemampuan Membaca Awal Anak Tk Kelompok B Gugus Viii Kecamatan Buleleng. e-Journal Pendidikan Anak Usia Dini Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Volume 4. No. 2 - Tahun 2016).

M. Fadlillah, (2014) Edutainment Pendidikan Anak Usia Dini, (Jakarta: Kencana)

Nesna Agustriana, (2013). Pengaruh Metode Edutainment Dan Konsep Diri Terhadap Keterampilan Sosial Anak, Jurnal Pendidikan Usia Dini. Volume 7 Edisi 2, November 2013

Ni Made Oktiana Dewi, dkk (2014). Penerapan Metode Bermain Berbantuan Media Balok Cruissenare Untuk Meningkatkan Perkembangan Kognitif. E-Journal PG Paud Universitas Pendidikan Ganesha. Jurusan Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini (Volume 2 No 1 Tahun 2014).

Paul, R., & Elde, L. (2007). A Guide for Educators to Critical Thinking Competency Standards. Second Edition. California: Foundation for Critical Thinking.

Santrock, (2008). Psikologi Pendidikan, Edisi 2,( Jakarta; Kencana,)

Santrock. (2011) , Psikologi Pendidikan, Edisi 5 buku 1 (Jakarta: Salemba Humanika,)

Sugianto, Karakteristik Siswa Sekolah Dasar http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/tmp/Karakteristik%20Siswa%20SD.pdf.

Sujiono, dkk. (2004). Metode Perkembangan Kognitif. (Jakarta: Universitas Terbuka)

Sumantri dan Nana Syaodih, (2006). Karakteristik dan Ciri Khas Anak SD serta Implikasi terhadap dunia pendidikan. http://sabrinariz.blogspot.co.id/2014/05/karakteristik-dan-ciri-khas-anak-sd.html.

Susanto, Ahmad. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suyadi, (2010) Psikologi Belajar Pendidikan Anak Usia Dini. (Yogyakarta: Pedagogia)

Wadsworth, B.J. (1996). Piagets theory of Cognitive and Affective Developemnt (5 th.ed). White Plains, NY ; Longman Wallas, G. 1992. The Art of Thougtht New York. Harcourt, Brace & World




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v4i1.698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Nur Rizka Mitasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.