PENINGKATAN KETRAMPILAN MENULLIS PERMULAAN DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA KARTU HURUF PADA SISWA KELAS I SD NEGERI GAMER 02 KOTA PEKALONGAN

qodaroh qodaroh

Abstract


Masalah yang diangkat pada penelitian adalah rendahnya ketrampilan menulis permulaan kelas I SD Negeri Gamer 02 Kota Pekalongan. Pembelajaran mengalami hambatan karena  siswa kurang tertarik apabila diberi pekerjaan rumah berupa tugas menulis. Adapun bila ada waktu luang, mereka lebih memilih untuk menonton televisi, maupun bermain. Disamping itu juga Adanya sugesti terhadap kebosanan siswa dalam belajar menulis terjadi karena penanaman cara mengajar keterampilan menulis yang tidak bervariasi atau monoton. Untuk mengatasinya digunakan Media Kartu Huruf untuk meningkatkan ketrampilan menulis permulaan. Pada siklus I diperoleh hasil rata-rata kelas sebesar 62,92 dalam kategori cukup. Setelah dilakukan tindakan pada siklus II diperoleh rata-rata kelas sebesar 82,13 dalam kategori baik atau mengalami peningkatan sebesar 18,75 atau 30,27%. Perilaku siswa kelas I SD Negeri Gamer 02 Kota Pekalongan selama mengikuti pembelajaran menulis permulaan dengan menggunakan media kartu huruf  mengalami perubahan ke arah yang lebih positif. Perilaku tersebut yaitu siswa mampu menunjukkan sikap antusias selama proses pembelajaran, siswa lebih aktif selama proses pembelajaran, siswa lebih berani dan percaya diri mempresentasikan hasil diskusi, siswa lebih termotivasi untuk menulis permulaan.

 

Kata kunci: Ketrampilan menulis permulaan, media kartu huruf


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v3i2.598

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 qodaroh qodaroh

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.