PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF SNOWBALL THROWING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS

Ani Rosidah

Abstract


Penelitian ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) materi Peninggalan sejarah dari masa Hindu-Budha dan Islam di kelas V SD Negeri Kadudampit Kecamatan Cilaku Kabupaten Cianjur. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPS materi Peninggalan Sejarah dari Masa Hindu-Budha dan Islam di Indonesia kelas V SD Negeri Kertabasuki II dengan menerapkan model pembelajaran Tipe Snowball Throwing. Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus pembelajaran dengan frekuensi 2 tindakan pada tiap siklus dengan 4 tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui lembar observasi, instrumen tes dan dokumentasi. Data hasil penelitian yang telah diolah dan dianalisis diperoleh keterangan, bahwa hasil belajar siswa dalam pembelajaran IPS materi Peninggalan Sejarah dari Masa Hindu-Budha dan Islam, data dengan diterapkannya model pembelajaran tipe Snowball Throwing di kelas V SD Negeri Kertabasuki II telah mengalami peningkatan terbukti diperoleh data dari hasil pembelajaran siklus I siswa mendapat nilai ≥70 ke atas (KKM)= 15 orang atau 71,42% dengan nilai rata-rata 76,61. Sedangkan hasil pembelajaran siklus II siswa yang mendapat nilai ≥70  (KKM)=18 orang atau 85,71% dengan nilai rat-rata 78,09. Data tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran tipe Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Saran penulis untuk menerapkan Model Pembelajaran tipe Snowball Throwing dalam pembelajaran karena membuat siswa aktif dan antusias dalam proses pembelajaran.

 

Kata Kunci      :Model Pembelajaran Tipe Snowball Throwing. Hasil Belajar Siswa


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.