PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPA

jubaedah jubaedah

Abstract


IPA adalah salah satu mata pelajaran yang digemari oleh para siswa, namun selama ini hasil belajar mata pelajaran IPA kurang memuaskan. Salah satu faktor yang menyebabkan kemampuan siswa rendah adalah metode mengajar yang selama ini digunakan cenderung membuat siswa pasif dan berpusat pada guru (teacher oriented). Untuk meningkatkan hasil belajar siswa, maka peneliti menerapkan salah  model pembelajaran inovatif yaitu model cooperative learning tipe student teams achievement division (STAD) dalam mengajarkan IPA di kelas V SDN Cibentar 1 Kec. Jatiwangi Kab. Majalengka. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research), dilaksanakan dalam 3 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap : perencanaan, pelaksanakan tindakan, observasi dan refleksi dengan subjek penelitan 30 orang siswa yang terdiri dari 14 orang siswa laki-laki dan 16 orang siswa perempuan. Pada pembelajaran ini guru berperan sebagai fasilitator sedangkan siswa mengkonstruk pengetahuan sendiri melalui kegiatan berkelompok. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar ranah kognitif, psikomotor dan ranah afektif. Hal ini terbukti dari peningkatan nilai rata-rata dan jumlah siswa tuntas pada setiap siklus, yaitu : Nilai rata-rata siklus I sebesar 58,4 dengan 32,2% siswa tuntas, siklus II sebesar 69,3 dengan 54,4% siswa tuntas,  dan siklus III sebesar 80,3 dengan 85,6% siswa tuntas. Begitu juga dengan keterampilan ilmiah (keaktifan) dan sikap ilmiah (kerjasama) yang selalu mengalami peningkatan pada setiap siklusnya.

 

Kata kunci : Cooperative learning tipe student teams achievement division (STAD), Hasil  belajar, Pembelajaran IPA


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v3i2.591

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 jubaedah jubaedah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.