EFEKTIVITAS MODEL MENULIS KOLABORASI DENGAN MEDIA BIG BOOK TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS KREATIF

Krisna Anggraeni

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis kreatif di sekolah dasar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan model menulis kolaborasi dengan media Big Book terhadap keterampilan menulis kreatif di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen kuasi dengan desain the nonrandomized control group, pratest–posttest. Desain penelitian ini menggunakan dua kelompok yaitu kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen diberikan perlakuan menggunakan model menulis kolaborasi dengan media Big Book, sedangkan pada kelas kontrol menggunakan metode konvensional yaitu pemberian tugas menulis. Subyek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN 1 Kalikajar Kabupaten Purbalingga Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 42 siswa yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas III A dan III B yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil analisis data menunjukkan adanya perbedaan keterampilan menulis kreatif antara kedua kelas. Pada kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional cenderung tidak mengalami peningkatan yang signifikan, sedangkan pada pascaperlakuan kelas eksperimen terjadi peningkatan keterampilan menulis kreatif.  Berdasarkan  hasil analisis data pada kelas eksperimen, nilai rata-rata keterampilan menulis kreatif saat prates 65 pascaperlakuan menjadi 92, terjadi peningkatan sebesar 41%. Hasil analisis data tersebut mengindikasikan bahwa model menulis kolaborasi dengan Big Book efektif digunakan untuk meningkatkan keterampilan menulis kreatif.

 

Kata kunci    :  model menulis kolaborasi, Big Book, keterampilan menulis kreatif


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.