RESPON MAHASISWA PGSD TERHADAP PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) BERBASIS TRANSFER NILAI PANCASILA DALAM PENULISAN BAHAN AJAR PKN

Dianasari Dianasari, Bunyamin Maftuh, Ernawulan Syaodih

Abstract


Pembelajaran berbasis proyek atau Project Based Learning (PjBL) berbasis transfer nilai Pancasila adalah hal baru dalam pembelajaran PKn bagi mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Universitas Muhammadiyah Cirebon. PjBL ini dilatihkan kepada mahasiswa sebagai penguat kemampuan menulis bahan ajar PKn Sekolah Dasar. Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis respon mahasiswa calon guru SD dalam pembelajaran menggunakan model PjBL berbasis transfer nilai Pancasila dalam meningkatkan keterampilan menulis bahan ajar PKn Calon Guru SD. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan menggunakan instrumen berupa lembar angket. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuntitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa calon guru yang mengontrak mata kuliah Pembelajaran PKn di Program Studi PGSD Universitas Muhammadiyah Cirebon. Hasil penelitian menujukan bahwa Respon calon guru SD terhadap pembelajaran PjBL dapat dilihat dari hasil angket mahasiswa calon guru yang menunjukkan nilai rata-rata 3,3 dengan kategori respon yang sangat baik. Sehingga dapat dikatakan pembelajan PjBL berbasis transfer nilai Pancasila ini, dapat meningkatkan kemampuan menulis bahan ajar PKn bagi calon guru SD.

Keywords


bahan ajar PKn; project based learning; transfer nilai pancasila

Full Text:

PDF

References


Blumenfeld, P. C., Soloway, E., Marx, R. W., Krajcik, J. S., Guzdial, M., & Palincsar, A. (1991). Motivating Project-Based Learning: Sustaining the Doing, Supporting the Learning. Educational Psychologist, 26(3–4), 369–398. https://doi.org/10.1080/00461520.1991.9653139.

Cintang, N., Setyowati, D. L., & Handayani, S. S. D. (2013). The Obstacles and Strategy of Project Based Learning Implementation in Elementary School. Journal of Education and Learning (EduLearn), 12(2), 7~15. https://doi.org/10.11591/edulearn.v12i1.7045.

De La Paz, S., & Hernández-Ramos, P. (2013). Technology-Enhanced Project-Based Learning: Effects on Historical Thinking. Journal of Special Education Technology, 28(4), 1–14. https://doi.org/10.1177/016264341302800401.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Dianasari, Hanikah, H., & Setiana, D. (2018). Efektivitas Project Based Learning (PJBL) Berbasis Transfer Nilai-Nilai Pancasila Dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Buku Ajar Pkn Sd Bagi Mahasiswa PGSD UMC. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 4(2). https://doi.org/10.31932/jpdp.v4i2.177.

Dianasari, & Hidayah, Y. (2019). Pancasila Sebagai Literasi Moral Pada Pendidikan Dasar Di Era Revolusi Industri 4.0. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan I. Majalengka: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Majalengka.

Dolmans, D. H. J. M., Grave, W. De, Wolfhagen, I. H. A. P., & Vleuten, C. P. M. Van Der. (2005). Problemâ€based learning: future challenges for educational practice and research. Medical Education, 39(7). https://doi.org/10.1111/j.1365-2929.2005.02205.x

Huda, M. C. (2018). Meneguhkan Pancasila Sebagai Ideologi Bernegara: Implemetasi Nilai-Nilai Keseimbangan dalam Upaya Pembangunan Hukum di Indonesia. Resolusi, 1(1).

Jones, N. (2005). Rediscovering Pancasila: Religion In Indonesia’s Public Square. The Brandywine Review of Faith & International Affairs, 3(1), 23–30. https://doi.org/10.1080/15435725.2005.9523200

Mujiono dkk. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Menulis Berbasis Nilai-Nilai Karakter Islam untuk MTs. Jurnal J-Simbol (Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya), 1–8.

Sadjati, I, M. 2012. Hakikat Bahan Ajar. Online. Tersedia: http://repository.ut.ac.id/4157/1/IDIK4009-M1.pdf. Diakses 23 Januari 2022.

Scarbrough, H., Swan, J., Laurent, S., Bresnen, M., Edelman, L., & Newell, S. (2004). Project-Based Learning and the Role of Learning Boundaries. Organization Studies, 25(9), 1579–1600. https://doi.org/10.1177/0170840604048001

Sukerni, P. (2014). Pengembangan Buku Ajar Pendidikan IPA Kelas IV Semester I SD No. 4 Kaliuntu dengan Model Dick and Carey. Jurnal Pendidikan Indonesia. ISSN: 2303-288X, 3(1,April), 386-396.

Susilawati, Dkk. (2017). Efektivitas Project Based Learning terhadap Keterampilan Menulis Bahan Ajar IPACalon Guru SD. Retrieved from http://e-journal.upi.edu/index.php/eduhimaniora/article/view/8871

Tiantong, M., & Siksen, S. (2013). The Online Project-based Learning Model Based on Student’s Multiple Intelligence. International Journal of Humanities and Social Science, 3(7), 204–211.

Udian S Winataputra. (2006). A Pilot Study ofImplmrntation of the Area ofLearning Moral Education of Pancasila in the 1975 SMACuriculum in the Bandung Area (Postgraduate Project). Sydney: Macquarie University.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i1.3689

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Dianasari - -, Bunyamin Maftuh -, Ernawulan Syaodih -

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.