ASISTENSI PEMBELAJARAN LITERASI MEMBACA BAGI SISWA SEKOLAH DASAR DI MASA PANDEMI DENGAN METODE HOME VISIT

Markum Markum, Dian Anggraeni Maharbid, Sylvia Agnes Ramadhan

Abstract


Pemerintah menetapkan pembelajaran daring sebagai upaya pencegahan dan penyebaran virus covid-19. Pembelajaran daring memberikan pengaruh yang cukup besar bagi proses pembelajaran khususnya pada siswa sekolah dasar yang berkarakteristik berfikir konkret. Perubahan yang drastis, ketidaksiapan pelaksana dan kendala – kendala yang dihadapi selama pembelajaran daring seperti keterbatasan alat pengakses konten digital mengakibatkan terjadinya learning loss pada kemampuan dan pengalaman belajar bagi siswa sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan membantu pihak sekolah dalam memberikan layanan pendidikan, meningkatkan kualitas pembelajaran dan literasi membaca siswa sekolah dasar di masa pandemi. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan desain kelompok tunggal dengan pretest – perlakuan – posttest yang merupakan hasil pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan perlakukan melalui kegiatan asistensi pembelajaran dengan metode Home Visiit. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas 3 di SDN Setia Asih 01 yang terdiri dari 28 orang. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan lembar observasi berupa logbook dan test (pre dan post test) untuk mengukur peningkatan hasil belajar peserta didik. Dari kegiatan asistensi yang dilakukan selama 2 bulan secara keseluruhan terjadi peningkatan hasil pembelajaran dari semua indikator literasi membaca yang diharapkan muncul pada peserta didik maupun rata – rata kelas. Pada setiap indikator terdapat peningkatan yang siginifikan dengan perolehan sebesar 7,15% pada kemampuan fonetik, 25% pada kemampuan pemahaman kosa kata, 17,85% pada kemampuan menggunakan konteks untuk memahami bacaan, dan sebesar 46,43% pada kemampuan menginterprestasikan dan merespon bacaan. Rata – rata kelas meningkat dari 63,59% menjadi 87,5% yang berarti terjadi peningkatan sebesar 23,91% dengan perolehan n-gain sebesar 0,73 yang termasuk kedalam kategori tinggi.

Keywords


asistensi pembelajaran; home visit; learning loss; literasi membaca; metode

Full Text:

PDF

References


Amalia, H. (2016). Implementasi Home Visit dalam Upaya Meningkatkan Pembelajaran PAI di SDIT al-Azhar Kediri. Didaktika Religia, 4(1), 77–106. https://doi.org/10.30762/didaktika.v4.i1.p77-106.2016

Amir, A. (2014). Pembelajaran Matematika SD dengan Menggunakan Media Manipulatif. In Forum Paedagogik (Vol. 6, Issue 1, pp. 72–89).

Ani Widayati. (2008). Staf Pengajar Jurusan Pendidikan Akuntansi – Universitas Negeri Yogyakarta 87. JURNAL PENDIDIKAN AKUNTANSI INDONESIA Vol. VI No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93 PENELITIAN, VI(1), 87–93.

Da, F. (2018). ANALISIS KEBUTUHAN BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS RENDAH. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 11–21.

Direktorat Bina Operasi dan Pemeliharaan. (2019). Modul Evaluasi Micro Teaching (p. 23).

Faizah, D. U. (2016). Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. In Direktorat Pembinaan Sekolah Dasar (Vol. 1, Issue 2, pp. 1–9).

Harini, I. N. (2018). Tingkat literasi membaca peserta didik kelas iv di sd muhammadiyah bantul kota. Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10(1), 1–17.

Hermawan, R., Rumaf, N., & Solehun, S. (2020). Pengaruh Literasi terhadap Keterampilan Membaca pada Siswa Kelas IV SD Inpres 12 Kabupaten Sorong. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 2(1), 56–63. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v2i1.411

Ibda, H., & Laeli, D. N. (2021). Hasil Belajar Siswa Saat Pandemi Covid-19 Melalui Home Visit Studi di MI Salafiyah Kranggan. In At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (Vol. 5, Issue 1, p. 12). https://doi.org/10.30736/atl.v5i1.451

Jaauharoti, A. (2014). Analisis Karakteristik Siswa Pada Tingkat Sekolah Dasar. Prosiding Halaqoh Nasional Dan Seminar Internasional Pendidikan Islam. In journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 59, pp. 190–205).

Kemendikbud. (2020). Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19). Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2O2O, 021, 1–20.

Latifah, U. (2017). Aspek Perkembangan pada Anak Sekolah Dasar: Masalah dan Perkembangannya. Academica : Journal of Multidisciplinary Studies, 1(2), 185–196.

Purwanto, R. (2021). Home Visit Method Dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 8(1), 51–64.

Puspasari, I., & Dafit, F. (2021). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1390–1400. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.939

Robi, N., & Abidin, Z. (2020). Literasi Membaca sebagai Upaya Pembentuk Karakter Peserta Didik (Jujur dan Bertanggung Jawab). In Prosding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES (Vol. 3, Issue 1). Zainal Abidin.

Rukminingsih; Gunawa, Adnan; Mohammad, A. L. (2020). Metode Penelitian Pendidikan.

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun, 2(1), 7–17. https://doi.org/10.36088/assabiqun.v2i1.611

Setiawan, A. R. (2019). Pembelajaran Tematik Berorientasi Literasi Saintifik. Jurnal Basicedu, 4(1), 51–69. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.298

Studi, P., & Sosiologi, P. (2021). Asistensi Mengajar Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka.

Usnadibrata, I. (2020). Penelitian global dampak COVID-19 bagi anak dan keluarga. Pusat Penelitian & Kebijakan Kemendikbud, 10(November), 1–29.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i1.3553

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Markum Markum, Dian Anggraeni Maharbid, Sylvia Agnes Ramadhan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.