PERAN GURU DALAM PENGEMBANGAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA DI SDN 1 JATIPAMOR

Mohammad Ali Syamsudin Amin

Abstract


Keterampilan sosial merupakan kebutuhan yang perlu dimiliki seseorang sebagai bekal demi kelanjutan hidup dan  bermanfaat  dalam  kehidupan  sehari-hari. Namun rendahnya keterampilan sosial siswa masih menjadi masalah dalam menyelenggarakan pendidikan kebanyakan sekolah di Indonesia, termasuk penyelenggaraan pendidikan di SDN 1 Jatipamor. Dalam kondisi ini, peran guru sangat besar dalam pembentukan keterampilan sosial siswa karena banyak berinteraksi secara langsung dengan siswa. Penelitian ini berusaha memberikan deskripsi tentang peran guru dalam pengembangan keterampilan sosial siswa di SDN 1 Jatipamor. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kualitatif dengan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Dalam penelitian ini, pengecekan keabsahan data dilakukan melalui proses triangulasi sumber, metode dan member check.  Data yang sudah diperoleh kemudian direduksi, disajikan, dan diambil simpulan. Hasil penelitian menunjukkan guru telah melakukan upaya pengembangan keterampilan sosial siswa dalam penyusunan rencana pembelajaran, namun kebanyakan guru belum melakukannya dalam pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran.

Keywords


peran guru; keterampilan sosial; siswa sekolah dasar

Full Text:

PDF

References


Ahadiat, M. Z. (2020). Perencanaan, Pelaksanaan Dan Evaluasi Pendidikan Karakter di Sekolah Indonesia Kota Kinabalu (Sikk) Sabah, Malaysia (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).

Azizah, N. R. (2021). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan untuk Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa Madrasah Ibtidaiyah di Tengah Pandemi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(01), 7-16.

Çimen, N., & Koçyiğit, S. (2010). A study on the achievement level of social skills objectives and outcomes in the preschool curriculum for six-year-olds. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 2(2), 5612-5618.

Dewanti, T. C., Widada, W., & Triyono, T. (2016). Hubungan antara keterampilan sosial dan penggunaan gadget smartphone terhadap prestasi belajar siswa SMA Negeri 9 Malang. Jurnal kajian bimbingan dan konseling, 1(3), 126-131.

Dolong, M. J. (2016). Sudut pandang perencanaan dalam pengembangan pembelajaran. Jurnal Inspiratif Pendidikan, 5(1), 65-76.

Downey, D. B., & Gibbs, B. G. (2020). Kids these days: are face-to-face social skills among American children declining?. American journal of sociology, 125(4), 1030-1083.

Hadi, P., Sinring, A., & Aryani, F. (2018). Pengaruh Permainan Tradisional Dalam Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa SMP. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 4(1), 32-37.

Hamre, B. K., & Pianta, R. C. (2001). Early teacher-child relationships and the trajectory of children’s school outcomes through eighth grade. Child Development, 72(2), 625–638. https://doi.org/10.1111/1467-8624.00301

Handayani, P. (2017). Upaya peningkatan keterampilan sosial siswa melalui permainan tradisional congklak pada mata pelajaran IPS. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar dan Pembelajaran, 7(01), 39-46.

Humaidin, M., Susantini, E., & Haryono, T. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran model koopertif tipe two stay two stray untuk melatih keterampilan sosial dan menuntaskan hasil belajar siswa SMP. JPPS: Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, 6(1), 2089-1776.

Izzati, N. (2016). Pengaruh Keterampilan Sosial Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa. Edueksos: Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 3(1).

Kasim, S. N. O. (2017). Pengembangan panduan permainan tradisional bugis-makassar dalam meningkatkan keterampilan sosial Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 45-52.

Lappa, C., & Mantzikos, C. (2019). Teaching social skills in small groups of children with multiple disabilities: motor and intellectual disabilities. An intervention program. European Journal of Special Education Research.

Maksum, A., Widiana, I. W., & Marini, A. (2021). Path Analysis of Self-Regulation, Social Skills, Critical Thinking and Problem-Solving Ability on Social Studies Learning Outcomes. International Journal of Instruction, 14(3), 613-628.

Martono, E. P., Solihatun, S., & Prasetyaningtyas, W. E. (2021). Pengaruh keterampilan sosial terhadap kepercayaan diri siswa terisolir. Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 1(2), 167-174.

Ogden, T., & Hagen, K. A. (2018). Adolescent mental health. Prevention and intervention (2nd ed). Routledge.

Qasim, M., & Maskiah, M. (2016). Perencanaan Pengajaran dalam Kegiatan Pembelajaan. Jurnal Diskursus Islam, 4(3), 484-492.

Prayudha, S. G. (2018). Hubungan Antara Adiksi Game Online Dengan Keterampilan Sosial Pada Remaja (Doctoral dissertation, Universitas Mercu Buana Yogyakarta).

Rasyidah, N., & Cahyawulan, W. (2021). Hubungan Kecanduan Media Sosial dengan Keterampilan Sosial Siswa SMA di Jakarta. Jurnal Praksis Bimbingan dan Konseling, 1(1).

Rici, O. T. W., & Alawiyah, T. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Permainan Kerjasama untuk meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling dalam Pendidikan), 2(5), 171-180.

Rusmayadi, R. (2019). Pengaruh Kecerdasan Interpersonal, Keterampilan Sosial terhadap Kemandirian Anak Usia Dini. Early Childhood Education Journal of Indonesia, 2(1), 23-30.

Sari, D. P., & Aviani, Y. I. (2018). Hubungan Keterampilan Sosial Dengan Kecenderungan Kecanduan Media Sosial Pada Remaja. Jurnal Riset Psikologi, 2018(4).

Silondae, D. P. (2013). Model Bimbingan Kelompok Berbasis Nilai Budaya Suku Tolaki untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa. Jurnal Bimbingan Konseling, 2(2).

Sørlie, M. A., Hagen, K. A., & Nordahl, K. B. (2021). Development of social skills during middle childhood: Growth trajectories and school-related predictors. International Journal of School & Educational Psychology, 9(sup1), S69-S87.

Sutomo, M. (2018). Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Jigsaw Dan Keterampilan Sosial Terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Ilmu Pendidikan, 23(1).

Virlia, S., & Setiadji, S. (2017). Hubungan Kecanduan Game online dan Keterampilan Sosial pada Pemain Game Dewasa Awal di Jakarta Barat. Psibernetika, 9(2).

Wahid, A. (2018). Pengaruh strategi pembelajaran kooperatif jigsaw dan keterampilan sosial terhadap hasil belajar ips di SDN Kabupaten Bangkalan. JINOTEP (Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran): Kajian dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 3(1), 14-30.

Wardani, W. (2019). Pengaruh kecerdasan adversitas dan kecerdasan emosional melalui model inkuiri sosial terhadap keterampilan sosial siswa. Jurnal Teori dan Praksis Pembelajaran IPS, 4(2), 66-73.

Zsolnai, A. (2002). Relationship between children’s social competence, learning motivation and school achievement. Educational Psychology, 22(3), 317–330. https://doi.org/10.1080/01443410220138548




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i1.3538

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mohammad Ali Syamsudin Amin

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.