OPTIMALISASI PENERAPAN KEGIATAN LITERASI DALAM MENINGKATKAN MINAT BACA SISWA SEKOLAH DASAR

Mega Prasrihamni, Zulela Zulela, Edwita Edwita

Abstract


Kegiatan literasi sekolah merupakan salah satu program gerakan yang pemerintah terapkan untuk menumbuhkan minat baca siswa. Namun pada kenyataannya minat baca siswa masih tergolong rendah. Tujuan penelitian ini adalah memberikan gambaran mengenai optimalisasi kegiatan literasi dalam meningkatkan minat baca siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian siswa sekolah dasar. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi literatur ilmiah. Literatur yang digunakan merupakan buku, jurnal serta prosiding ilmiah baik nasional maupun internasional. Analisis data menggunakan analisis data deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan gemar membaca harus tetap ditingkatkan bahkan harus menjadikannya sebuah budaya demi masa depan cerah yang dimiliki setiap generasi penerus bangsa. Oleh karena itu, pentingnya meningkatkan literasi di Indonesia untuk masa depan penerus bangsa dengan ilmu-ilmu yang didapat dari hasil membaca di kehidupan sehari-hari serta perlunya menanamkan kesadaran diri dalam mengembangkan minat membaca siswa sekolah dasar.


Keywords


literasi; minat baca

Full Text:

PDF

References


Anisa, A. R., A. A. Ipungkarti, D., & K. N. Saffanah. (2021). Pengaruh Kurangnya Literasi Serta Kemampuan Dalam Berpikir Kritis Yang Masih Rendah Dalam Pendidikan Di Indonesia. 1st National Conference on Education, System and Technology Information, 01(01), 1–4.

Anjani, S., Dantes, N., & Artawan, G. (2019). Pengaruh Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca dan Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas V SD Gugus Kuta Utara. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 3(2), 74–83.

Dewi, I A, I Putu Oka Suardana, I. W. N. (2021). PENGEMBANGAN BAHAN BACAAN LITERASI KELAS RENDAH DENGAN MEMANFAATKAN CERITA FOLKLOR BALI. Jurnal Elementary, 4(1), 53–59.

Etnanta, Y., & Irhandayaningsih, A. (2017). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Minat Baca Siswa Sma Negeri 1 Semarang. Jurnal Ilmu Perpustakaan, 6(1), 371–380. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jip/article/view/23095

Faizah, D. U. (2016). Panduan gerakan literasi sekolah di sekolah dasar. di sekolah dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemdikbud RI.

Faradina, N. (2017). Pengaruh Program Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Di Sd Islam Terpadu Muhammadiyah an-Najah Jatinom Klaten. In Jurnal Hanata Widya (Vol. 6, Issue 8, pp. 60–69). http://journal.student.uny.ac.id/ojs/ojs/index.php/fipmp/article/view/9280

Hidayat, M. H. (2018). Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar | Hidayat | Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan (Vol. 3, Issue 6, pp. 810–817). http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11213

Idhamani, A. P. (2020). Dampak Teknologi Informasi terhadap Minat Baca Siswa. UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 11(1), 35–41. https://doi.org/10.20885/unilib.vol11.iss1.art4

Mulyo, T. (2017). Aktualisasi Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Melalui Gerakan Literasi Sekolahuntuk Menyiapkan Generasi Unggul Dan Berbudi Pekerti. In Prosiding Seminar Nasional (pp. 18–26).

Rahim, F. (2008). Pengajaran Membaca di Sekolah Dasar.[15] Jakarta: Bumi Aksara. Bumi aksara.

Salma, A., & Mudzanatun. (2019). Analisis Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Minat Baca Siswa Siswa Sekolah Dasar. MIMBAR PGSD Undiksha, 7(2), 122–127. http://www.mendeley.com/research/analisis-gerakan-literasi-sekolah-terhadap-minat-baca-siswa-siswa-sekolah-dasar

Sanjaya, W. (2010). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Kencana Prenada Media Group.

Tabroni, T. (2013). Upaya Menyiapkan Pendidikan Yang Berkualitas. Jurnal Kependidikan Islam IAIN Sulthan Thaha Saifuddin, 6(5), 54–67.

Tantri, A. A. S., & Dewantara, I. P. M. (2017). Keefektifan Budaya Literasi Di Sd N 3 Banjar Jawa Untuk Meningkatkan Minat Baca. Journal of Education Research and Evaluation, 1(4), 204–209. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JERE/article/viewFile/12054/7995

Vinet, L., & Zhedanov, A. (2011). A “missing” family of classical orthogonal polynomials. In Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical (Vol. 44, Issue 8). Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI. https://doi.org/10.1088/1751-8113/44/8/085201

Wiedarti, D. (2016). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (p. 28).

Wiedarti, D. (2018). Desain Induk Gerakan Literasi Sekolah (Edisi 2). In Jurnal Pendidikan Dasar (Vol. 1, Issue 2). Dirjen Dikdasmen Kemendikbud RI. https://training.unmuhkupang.ac.id/index.php/jpdf/article/view/217

Witanto, J. (2018). Rendahnya Minat Baca Mata Kuliah Manajemen Kurikulum. Jurnal Perpustakaan Librarian, April. https://www.researchgate.net/publication/324182095_Rendahnya_Minat_Baca

Wulandari, R. (2017). Implementasi Kebijakan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar Islam Terpadu Lukman Al Hakim International. In Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan UNY.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i1.3525

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Mega Prasrihamni, Zulela Zulela, Edwita Edwita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.