ANALISIS PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR INKLUSI KOTA PADANG

Siska Angreni, Rona Taula Sari

Abstract


Pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus hendaknya disesuaikan dengan jenis ketunaan dan kebutuhannya. Tujuan penelitian ini (1) menganalisis proses pembelajaran berupa Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Media dan strategi pembelajaran anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar inklusi di Kota Padang, (2) menganalisis kebutuhan berupa kurikulum, kelas dan model layanan anak berkebutuhan khusus di sekolah dasar inklusi di Kota Padang. Untuk mencapai tujuan, metode yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sampel penelitian ini adalah sekolah dasar inklusi yang berjumlah 15 sekolah dasar inklusi, Teknik pengambilan sampel adalah nonprobability sampling dengan cara purposive sampling yaitu memilih sekolah yang teridentifikasi keberadaan anak berkebutuhan khusus. Instrument yang digunakan adalah pedoman wawancara dan observasi langsung untuk mengamati proses pembelajaran anak berkebutuhan khusus dikelas reguler. Hasil wawancara dipindahkan kedalam bentuk verbatim tertulis untuk kemudian dianalisis dan diinterpretasikan. Teknik analisis data dilakukan dengan triangulasi sumber. Berdasarkan analisis data yang dilakukan diperoleh hasil penelitian sebagai berikut 1) analisis proses pembelajaran meliputi penggunaan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, Media, strategi pembelajaran kepada anak berkebutuhan khusus relatif sama antara dengan siswa normal, 2) begitupun kurikulum, kelas dan model layanan yang digunakan untuk anak berkebutuhan khusus juga sama dengan siswa normal.. Meskipun demikian, ada beberapa sekolah yang memodifikasi proses pembelajaran baik RPP,media maupun strategi pembelajaran dan juga kebutuhan kurikulum. Untuk meningkatkan mutu pendidikan inklusi, disarankan pembelajaran dan kebutuhan anak berkebutuhan khusus di akomodasi sesuai dengan hambatannya.


Keywords


pendidikan inklusi; proses pembelajaran anak berkebutuhan khusus

Full Text:

PDF

References


Agung, N. dan M. L. (2016). MODEL DAN STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM SETTING PENDIDIKAN INKLUSI. Jurnal Pendidikan Dasar PerKhasa, 2(2). https://doi.org/https://doi.org/10.31932/jpdp.v2i2.105

Agustin, I. (2020). PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN TEMATIK BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SEKOLAH DASAR PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSI. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, IV(November), 166–175.

Angreni, S., & Sari, R. T. (2020). Identification and Implementation of Inclusion Education for Children With Special Needs in West Sumatra Primary Schools. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 7(2), 145–153.

Aslan. (2017). Kurikulum Bagi Anak Berkebutuhan Khusus ( ABK ). 5(2), 105–119. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.18592/jsi.v5i2.1358

Baharun, H., & Awwaliyah, R. (2018). Berkebutuhan Khusus Dalam Perspektif. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 5(1), 60.

Bebetsos, E., Derri, V., Filippou, F., Zetou, E., & Vernadakis, N. (2014). Elementary School Children’s Behavior towards the Inclusion of Peers with Disabilities, in Mainstream Physical Education Classes. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 152, 819–823. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.09.327

Dewi Mufidatul Ummah, A. A. (2018). Analisis Kesulitan Belajar pada Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) Di SMA Negeri 10 Kota Ternate. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 02(01), 32–40.

Husen, H. B. (2018). Pendidikan Inklusi Anak Berkebutuhan Khusus (pp. 1–149). FKIP Universitas Bunghatta.

Kisbu-Sakarya, Y., & Doenyas, C. (2021). Can school teachers’ willingness to teach ASD-inclusion classes be increased via special education training? Uncovering mediating mechanisms. Research in Developmental Disabilities, 113(March), 103941. https://doi.org/10.1016/j.ridd.2021.103941

Laksana dwi Sigit, S. A. D. (2016). PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS. Inclusive: Journal of Special Education, II(01), 57–69.

Maftuhatin Lilik. (2014). EVALUASI PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK) DI KELAS INKLUSIF DI SD PLUS DARUL ‘ULUM JOMBAN. Religi: Jurnal Studi Islam, 5(2), 201–228.

Mintarsih Euis. (2017). PENGELOLAAN KELAS DI SEKOLAH INKLUSI. UNIK (Jurnal Ilmiah Pendidikan Luar Biasa), 105(3), 129–133.

Nazir, M. R. S. (2009). Metode penelitian. Ghalia Indonesia.

Oki Dermawan. (2013). Strategi pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus di slb. Psympathic, Jurnal Ilmiah Psikologi, VI(1). https://doi.org/https://doi.org/10.15575/psy.v6i2.2206

PKLK, A. (2019). Aplikasi Berbasis Informasi. Direktorat Pembinaan PKLK.

Pratiwi, J. C. (2015). Sekolah Inklusi Untuk Anak Berkebutuhan Khusus : Tanggapan Terhadap Tantangan Kedepannya. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan “Meretas Sukses Publikasi Ilmiah Bidang Pendidikan Jurnal Bereputasi,†November, 237–242.

Rasmitadila. (2020). Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif (S. I. YN (ed.); 1st ed.). RAJAGRAFINDO PERSADA.

SA Sholawati. (2019). MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN INKLUSI PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DI SDN KALIRUNGKUT-1 SURABAYA. Jurnal Abdau : Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 39–60. https://doi.org/DOI:10.36768/abdau.v2i1.24

Siswanto. (2019). Manajemen Pengembangan Kurikulum Sekolah Inklusi Siswanto. TADBIR:Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 3(2), 113–128.

Siti Hajar, M. S. R. M. (2017). ANALISIS KAJIAN TEORITIS PERBEDAAN, PERSAMAAN DAN INKLUSI DALAM PELAYANAN PENDIDIKAN DASAR BAGI ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS (ABK. Jurnal Ilmiah Mitra Swara Ganesha, 4(2), 37–48.

Sunanto Juang dan Hidayat. (2016). Desain Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus dalam Kelas Inklusif. JASSI Anakku, 17(1), 47–55.

Utaminingsih, R., Rahayu, A., & Andini, D. W. (2018). Pengembangan RPP IPA sekolah dasar berbasis problem-based learning untuk siswa learning disabilities Development of primary school natural science lesson plan based on problem-based learning for learning disabilities students. INovasi Pendidikan IPA, 4(2), 191–202.

Wahyuno, E. (2014). Pengembangan kurikulum pendidikan inklusif tingkat sekolah dasar. 23(1), 77–84.

Yunaini, N., Muhammadiyah, U., & Lampung, P. (2021). MODEL PEMBELAJARAN ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS DALAM SETTING PENDIDIKAN INKLUSI. 1(1), 18–25. https://doi.org/https://doi.org/10.52657/jouese.v1i1.1326

Zulaikhah, D., Sirojuddin, A., & Aprilianto, A. (2021). Analisis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kurikulum 2013 Bagi Anak Berkebutuhan Khusus. Tafkir: Interdisciplinary Journal of Islamic Education, 1(1), 54–71. https://doi.org/10.31538/tijie.v1i1.6




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i1.3487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 siska angreni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.