ANALISIS KETERSEDIAAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL DALAM MENUMBUHKAN ECOLITERACY

Niken Vioreza, Nana Supriatna, Kama Abdul Hakam, Wawan Setiawan

Abstract


Dalam menumbuhkan ecoliteracy siswa perlu peran praktisi pendidikan untuk memberikan edukasi melalui berbagai cara, salah satunya dengan menyediakan bahan ajar berbasis kearifan lokal. Diyakini bahwa suatu pembelajaran dengan mengusung tema kearifan lokal akan menjadikan pembelajaran lebih bermakna bagi siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan ketersediaan bahan ajar berbasis kearifan lokal dalam menumbuhkan ecoliteracy siswa sekolah dasar. Metode kulitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif digunakan untuk menganalisis data penelitian yang diperoleh. Data diperoleh dari guru sekolah dasar dan siswa yang telah belajar tentang materi lingkungan. Hasil menunjukkan bahwa ketersediaan bahan ajar berbasis kearifan lokal dalam menumbuhkan ecoliteracy belum terpenuhi. Bahan ajar dalam menumbuhkan ecolitercy diketahui masih mengaitkan dengan hal-hal yang sifatnya umum dan jenisnya tidak beragam. Unsur kearifan lokal dalam pembelajaran baru sebatas penyampaian dalam bentuk lisan dari guru kepada siswa. Oleh karena itu, bahan ajar berbasis kearifan lokal dalam menumbuhkan ecoliteracy siswa sekolah dasar perlu diseiakan baik oleh guru ataupun praktisi pendidikan lainnya. Bahan ajar perlu disediakan menarik sehingga membuat siswa aktif dalam kegiatan peduli lingkungan dan tercipta kegiatan belajar yang menyenangkan. Bahan ajar juga diharapkan dapat menciptakan habit positif agar perilaku-perilaku tidak ramah lingkungan yang sering dijumpai guru di sekolah perlahan bisa berubah menjadi perilaku ramah lingkungan. Dengan memiliki perilaku ramah lingkungan siswa siswa bisa dikatakan cerdas secara ekologis.


Keywords


Bahan Ajar; Ecoliteracy; Kearifan Lokal

Full Text:

PDF

References


Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher).

Brata, I. B. (2016). Kearifan Budaya Lokal Perekat Identitas Bangsa. Jurnal Bakti Saraswati, 5(1).

Capra, F. (2003). The Hidden Connections: A Science for Sustainable Living. London: Flamingo.

Capra, F., & Luisi, P. L. (2014). The Systems View of Life: A Unifying Vision. Cambridge University Press.

Center for Ecoliteracy. (2013). Discover: competencies. Center for Ecoliteracy, Berkeley, California, USA. http://www.ecoliteracy.org/taxonomy/term/84

Edwards, S., Skouteris, H., Cutter-Mackenzie, A., Rutherford, L., O’Conner, M., Mantilla, A., Morris, H., & Elliot, S. (2016). Young children learning about well-being and environmental education in the early years: a funds of knowledge approach. Early Years, 36(1), 33–50.

Febrian, V. (2020). Pengembangan Media Film Pendek My Village Berbasis Budaya Lokal Sebagai Alternatif Pembelajaran Kelas IV Pada Subtema 1 Lingkungan Tempat Tinggalku. Yogyakarta: Universitas Muhammad Dahlan.

Goleman, D. (2010). Ecological Intelligence : Mengungkap Rahasia Di Balik Produk-Produk Yang Kita Beli. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hakam, K. A., Adiwikarta, S., Ruyadi, Y., & others. (2020). Learning gurindam 12 as local wisdom through role playing assisted by audio visual to strengthen character of students. Journal of Physics: Conference Series, 1477(4), 42033.

Ho, S. S. S., Kember, D., Lau, C. B. S., Yeung, M. Y. M. A., Leung, D. Y. P., & Chow, M. S. S. (2009). An outcomes-based approach to curriculum development in pharmacy. American Journal of Pharmaceutical Education, 73(1).

Jamun, Y. M. (2018). Dampak teknologi terhadap pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan Missio, 10(1), 48–52.

Jungnickel, P. W., Kelley, K. W., Hammer, D. P., Haines, S. T., & Marlowe, K. F. (2009). Addressing competencies for the future in the professional curriculum. American Journal of Pharmaceutical Education, 73(8).

Komalasari, K. (2019). Living Values Based Interactive Multimedia in Civic Education Learning. International Journal of Instruction, 12(1), 113–126.

Komalasari, K., & Saripudin, D. (2017). Value-Based Interactive Multimedia Development through Integrated Practice for the Formation of Students’ Character. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 16(4), 179–186.

Lestari, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi. Akademia.

Miles, M. B., & A.M, H. (1984). Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Remaja Rosda Karya.

Muthukrishnan, R. (2019). Using Picture Books to Enhance Ecoliteracy of First-Grade Students. International Journal of Early Childhood Environmental Education, 6(2), 19–41.

Muthukrishnan, R., & Kelley, J. E. (2017). Depictions of sustainability in children’s books. Environment, Development and Sustainability, 19(3), 955–970.

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. DIVA Press.

Rusmana, N. E., & Akbar, A. (2017). Pembelajaran ekoliterasi berbasis proyek di sekolah dasar. JESA-Jurnal Edukasi Sebelas April, 1(1), 33–44.

Soegiranto, M. A. (2010). Acuan Penulisan Bahan Ajar Dalam Bentuk Modul. Pokja Kurikulum Dan Supervisi Pusat Pengembangan Madrasah Kementrian Agama Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Supriatna, N. (2016a). Ecopedagogy: Membangun kecerdasan ekologis dalam Pembelajaran IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Supriatna, N. (2016b). Local wisdom in constructing students’ ecoliteracy through ethnopedagogy and ecopedagogy. 1st UPI International Conference on Sociology Education, 126–133.

Utami, P. P., & Vioreza, N. (2021). Teacher Work Productivity in Senior High School. International Journal of Instruction, 14(1), 599–614.

Utari, U., Degeng, I. N. S., & others. (2017). Pembelajaran tematik berbasis kearifan lokal di sekolah dasar dalam menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean (MEA). Jurnal Teori Dan Praksis Pembelajaran IPS, 1(1), 39–44.

Valentine, D. A. (2015). Peningkatan ecoliteracy siswa dalam pemanfaatan kebun karet sebagai sumber pembelajaran IPS. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(2), 217–226.

Yonanda, D. Y., Yuliati, Y., Febriyanto, B., Saputra, D. S., & Nahdi, D. S. (2021). Pengaruh Model Ecoliteracy Terhadap Sikap Ilmiah di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 7(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i1.3475

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Niken Vioreza

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.