PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 5E UNTUK MENINGKATKAN PEMBELAJARAN IPA

Yuyu Yuliati

Abstract


Penelitian ini berangkat dari permasalahan pembelajaran di SDN Pancasila kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat, dimana dalam pembelajaran keterlibatan siswa secara aktif dalam pembelajaran masih tergolong rendahUntuk mengatasi permasalah tersebut peneliti melakukan penelitian penerapan model learning cycle 5E untuk meningkatkan pembelajaran IPA. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan dan peningkatan pembelajaran IPA dengan menggunakan model learning cycle 5E. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Untuk mengetahui pelaksanaan dan hasil belajar, digunakan teknik pengambilan data dengan observasi dan tes yang dilakukan tiap akhir siklus. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes tertulis. Hasil penelitian menunjukkan 1) Pelaksanaan pembelajaran, siswa cenderung lebih aktif dalam pembelajaran, 2) Proses pembelajaran dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan, ditunjukan  dengan adanya peningkatan aktivitas siswa pada setiap fase pembelajaran, dari kelima fase rata-rata aktivitas siswa pada siklus I 62,53% dan pada siklus II meningkat menjadi 86,83%. Peningkatan hasil belajar untuk aspek kognitif CI-C3 diukur melalui tes untuk siklus I jumlah siswa tuntas mencapai 60,52% dan meningkat pada siklus II menjadi 94,73%. Untuk aspek afektif dan psikomotor diukur melalui kegiatan observasi melalui lembar penilaian kinerja, pada siklus I jumlah siswa yang mencapai KKM 92,10% dan meningkat pada siklus II menjadi 100%. Secara umum dapat disimpulkan bahwa penerapan model learning cycle 5E terbukti dapat meningkatkan pembelajaran IPA di kelas IV SDN Pancasila Kecamatan Lembang Kabupaten Bandung Barat.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v1i1.346

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Yuyu Yuliati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.