PENERAPAN HIPNOTERAPI TERHADAP KECEMASAN BELAJAR MATEMATIKA DENGAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH PADA SISWA SEKOLAH DASAR

Oman Suryaman, Agus Saeful Anwar, Oman Hadiana, Nana Sutarna

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah agar siswa tidak mengganggap bahwa pelajaran Matematika merupakan mata pelajaran yang tidak menyenangkan, yang meninmbulkan kecemasan dan bahkan ada rasa takut bagi siswa setiap akan bertemu dengan pembelajaran matematika. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan design penelitian one group pretest-postest, design. Populasi dalam penelitian adalah siswa SDN Sukamulya 2 yang berjumlah 20 orang, dengan sampel 10 orang. Penelitian ini adalah untuk membuktikan secara empiris penerapan hipnoterapi terhadap gangguan kecemasan. Penelitian ini penting untuk dilaksanakan karena dapat dijadikan bahan pertimbangan dalam proses penyembuhan gangguan kecemasan bagi para terapis. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Data penelitian didapat dari observasi, wawancara dan kuesioner. Pada teknik observasi, peneliti datang untuk mengamati proses pembelajaran. Selanjutnya peneliti melakukan wawancara dan memberikan kuesioner pada siswa. Penelitian dilakukan dengan cara memberikan terapi hipnoterapi pada siswa. Data diperoleh dari pretest dan posttest. Hasil penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan penerapan hipnoterapi terhadap penurunan gangguan kecemasan pada Peserta didik (siswa) SD Negeri 2 Sukamulya khusunya kelas 5. Hal ini dibuktikan dari hasil penghitungan tes akhir kelompok penerapan hipnoterapi yaitu thitung = 49.3978 lebih besar dari pada ttabel = 2.145 dengan taraf signifikasi 5%.


Keywords


hipnoterapi; kecemasan; matematika

Full Text:

PDF

References


Alizamar, A., Afdal, A., Ambaranti, F., Retnowati, E., & Aosi, G. (2019). Chromotherapy: An alternative treatment for mathematics anxiety among elementary school students. Journal of Physics: Conference Series PAPER. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1175/1/012183

Arikunto, S. (2017). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Bazargan, M., & Amiri, M. (2018). The effectiveness of modular cognitive behavioral therapy on mathematical anxiety and assertiveness in students. Journal of Fundamentals of Mental Healt, 20(6), 417–428.

Chairani, Z. (2016). Metakognisi siswa dalam pemecahan masalah matematika. Deepublish.

Chauvet-gelinier, J., & Bonin, B. (2017). Stress , anxiety and depression in heart disease patients: A major challenge for cardiac rehabilitation. Annals of Physical and Rehabilitation Medicine, 60(1), 6–12. https://doi.org/10.1016/j.rehab.2016.09.002

Elkins, G. R., Barabasz, A. F., Council, J. R., & Spiegel, D. (2015). Advancing research and practice: The revised APA division 30 definition of hypnosis. International Journal of Clinical and Experimental Hypnosis, 63(1), 1–9. https://doi.org/10.1080/00207144.2014.961870

Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). Peningkatan pemahaman konsep matematis melalui penggunaan media kantong bergambar pada materi perkalian bilangan di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 266424. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.1073

Fossat, P., Bacqué-Cazenave, J., De Deurwaerdère, P., Delbecque, J. P., & Cattaert, D. (2014). Anxiety-like behavior in crayfish is controlled by serotonin. Science, 344(6189), 1293–1297. https://doi.org/10.1126/science.1248811

Jahroh, W. S., & Sutarna, N. (2016). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mengatasi Degradasi Moral. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN Dalam, 395–402.

Lukitawati, P. (UNIKAL). (2014). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis ICT (Information and Communication Technology) melalui Pendekatan SAVI (Somatic, Auditory, Visual, and Intellectual) pada Materi Geometri Transformasi Kelas VII di SMP Ma’had Islam Pekalongan. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2), 42–50. http://jurnal.unikal.ac.id/index.php/Delta/article/view/433/395

Maharani, M., Supriadi, N., & Widyastuti, R. (2018). Media Pembelajaran Matematika Berbasis Kartun untuk Menurunkan Kecemasan Siswa. Desimal: Jurnal Matematika, 1(1), 101–106.

Moran, T. P. (2016). Anxiety and Working Memory Capacity : A Meta-Analysis and Narrative Review. 142(8), 831–864.

Mulenga, E. M., & Marban, J. M. (2020). Is COVID-19 the Gateway for Digital Learning in Mathematics Education? Contemporary Educational Technology, 12(2), 269. https://doi.org/10.30935/cedtech/7949

Peters, S. L., Muir, J. G., & Gibson, P. R. (2015). Review article: Gut-directed hypnotherapy in the management of irritable bowel syndrome and inflammatory bowel disease. Alimentary Pharmacology and Therapeutics, 41(11), 1104–1115. https://doi.org/10.1111/apt.13202

Safitri, D. N., & Purnamasari, N. I. (2017). Efektivitas Pembelajaran Matematika Dengan Hypnoteaching Terhadap Prestasi Mahasiswa. Journal Pendidikan Matematika, 3(1), 1–8.

Sari, M. Z., Fitriyani, Y., & Amalia, D. (2020). Analisis Bahan Ajar Keragaman Suku Bangsa dan Budaya dalam Implementasi Karakter Toleransi di Sekolah Dasar. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian Dan Kajian Kepustakaan Di Bidang Pendidikan, Pembelajaran, Pengajaran, 6(3), 382–396.

Sarstedt, M., & Mooi, E. (2014). A Concise Guide to Market Research The Process, Data and Methods Using IBM SPSS Statistics. Second Edition. London: Springer.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Zedeck, S. (2014). APA Dictionary of Statistics and Research Methods. Washington, DC: American Psychological Association, 52(1998), 36–40.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i1.3449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 oman suryaman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.