EFEKTIFITAS PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TERPADU DI SEKOLAH DASAR SELAMA PANDEMI COVID-19 BERDASARKAN PERSPEKTIF GURU

Wita Puspita Dewi, Dinda Aulia Ramadhiani, Kania Mukarromah, Meisa Rahayu, Ani Nur Aeni

Abstract


Pada situasi pandemi Covid-19, berbagai kendala dan hambatan timbul akibat dari diterapkannya pembelajaran daring menggunakan model pembelajaran terpadu. Faktor penyebabnya yaitu ketidaksiapan guru sedari awal dalam menerapkan pembelajaran terpadu harus dibarengi dengan penerapan pembelajaran daring akibat pandemi. Berdasarkan hasil pengolahan data dalam penelitian keefektifan penerapan pembelajaran terpadu selama pandemi pun cenderung tidak selalu terlaksana sesuai rencana yang mengakibatkan tujuan pembelajaran seringkali tidak tercapai. Adapun beragam upaya yang para guru lakukan sehingga tujuan pembelajaran tetap tercapai, seperti kelas tambahan, pendataan fasilitas yang menunjang peserta didik melakukan pembelajaran daring, mengarahkan peserta didik melakukan suatu proyek, melakukan belajar kelompok, dan bimbingan mandiri. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menyebarkan angket kepada pendidik yang ada di wilayah Jawa Barat untuk memperoleh data mengenai keefektifan pelaksanaan pembelajaran terpadu selama masa pandemi. Hasil dari penelitian ini, yaitu penerapan pembelajaran terpadu di tengah pandemi COVID-19 memang menjadi tantangan tersendiri baik bagi guru maupun peserta didik. Pembelajaran terpadu yang menekankan pengalaman peserta didik secara langsung menjadi terhambat dengan diberlakukannya pembelajaran daring. Hambatan tersebut diantaranya, yaitu dari sarana dan prasarana yang dibutuhkan pendidik maupun peserta didiknya, efisiensi waktu, pembelajaran daring, pelaksanaan pembelajarannya, motivasi belajar dari peserta didik, komunikasi antara pendidik dengan peserta didik, juga kemampuan yang dimiliki peserta didik dalam memahami materi.


Keywords


efektifitas pembelajaran; pandemi covid-19; pembelajaran terpadu

Full Text:

PDF

References


Amelia, D. J. J. J. P. D. N. (2017). Analisis Pelaksanaan Pembelajaran Tematik Berorietasi Multiple Intelligences Di Kelas Awal Sd Muhammadiyah 9 Malang. Universitas Muhammadiyah Malang: JPDN, 3(1), 13-28.

Amris, F. K., & Desyandri, D. J. J. B. (2021). Pembelajaran Tematik Terpadu menggunakan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Universitas Negeri Padang: Jurnal Basicedu, 5(4), 2171-2180.

Ananda, R., & Fadhilaturrahmi, F. J. J. B. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar dalam Implementasi Pembelajaran Tematik di SD. Bangkinang Kota: Jurnal Basicedu, 2(2), 11-21.

Anwar, A. J. J. I. J. P. D. S. K. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Terpadu Di SDI Darush Sholihin Kecamatan Tanjunganom Kabupaten Nganjuk. 8(2), 241-250.

Asrori, M. (2016). Pengertian, Tujuan Dan Ruang Lingkup Strategi Pembelajaran. MADRASAH, 5 (2), 163–188. In.

Baety, D. N., & Munandar, D. R. J. E. J. I. P. (2021). Analisis Efektifitas Pembelajaran Daring Dalam Menghadapi Wabah Pandemi Covid-19. 3(3), 880-989. doi:https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.476

Diehl, G. (1992). Research Methods for Bussiness and Management. New York. New York: NY Press.

Haykal, A. F. J. A.-F. J. S. I. P. d. K. (2018). Efektivitas Pembelajaran Tematik Terpadu dalam Implementasi Kurikulum 2013 Di MI. Miftahul Huda 01 Papungan Blitar. Blitar: Jurnal Studi Ilmu Pendidikan dan Keislaman

(2), 114-124.

Hernawan, A. H., & Resmini, N. J. J. U. T. (2009). Konsep dasar dan model-model pembelajaran terpadu. Jakarta: Universitas Terbuka

Hidayah, N. N., Mansur, R., & Mustafida, F. J. J. J. P. M. I. (2021). PENERAPAN PEMBELAJARAN TEMATIK DI MI AL HASIB PAKIS MALANG PADA MASA PANDEMI COVID-19. 3(2), 38-44.

Hikmat, H., Hermawan, E., Aldim, A., & Irwandi, I. J. L. M. (2020). Efektivitas pembelajaran daring selama masa pandemi Covid-19: Sebuah survey online. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati.

Irsan, I., & Yulan, T. J. E. J. I. P. (2021). Analisis Kesulitan Implementasi Pembelajaran Tematik Pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Kabupaten Kampar: Faculty of Education University of Pahlawan Tuanku Tambusai, 3(6), 4392-4399.

Khofiatun, K., & Ramli, M. J. J. P. T., Penelitian, dan Pengembangan. (2016). Peran Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Malang: Jurnal Pendidikan., 1(5), 984-988.

Laila, Q. N., Tinggi, S., Tarbiyah, I., Al, N., & Mojokerto, H. J. M. J. P. S. P. (2016). Pembelajaran Tematik Terpadu Pada Jenjang SD/MI. Mojokerto: Jurnal Program Studi PGMI, 3(2).

Mas’ula, S., Ainy, N., & Suhartono, S. J. J. P., Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan. (2021). Implementasi Pembelajaran Tematik dalam Pembelajaran Daring Kelas IV SD. 1(9), 688-699.

Mukminin, A. J. J. P. T. D. (2021). PROBLEMATIKA GURU TERHADAP PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU BERBASIS DARING PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI KELAS III SEKOLAH DASAR NEGERI 206/IV KOTA JAMBI: Teacher Problems with Online Based Integrated Thematic Learning During the Covid-19 Pandemic In State Elementary School. 6(1), 108-121.

Murfiah, U. J. P. J. I. P. D. (2017). Implementasi model pembelajaran terpadu dalam mengembangkan kreativitas anak sekolah dasar. 1(1), 94-114.

Prastowo, A. (2019). Analisis pembelajaran tematik terpadu: Prenada Media.

Rukajat. (2018). Desain Penelitian. GAYA KOMUNIKASI SELEBGRAM ANGGARITA DALAM PRODUCT ENDORSEMENT. 35.

Safitri, A., & Amelia, L. J. J. T. B. (2015). Implementasi Pembelajaran Terpadu Di Sekolah Dasar Negeri Ladong Aceh Besar. Aceh: Jurnal Tunas Bangsa, 2(1), 14-46.

Setyowati, Y., & Murdani, M. H. J. P. K. N. P. K. M. d. C. S. R. (2021). Virtual Class Solusi Pembelajaran Daring Terpadu di Masa Pandemi Pada SMA Wijaya Putra Surabaya. 4, 673-682.

Syaifuddin, M. J. T. J. K. d. I. T. (2017). Implementasi pembelajaran tematik di kelas 2 SD Negeri Demangan Yogyakarta. 2(2), 139-144.

Tirtoni, F. J. U. P. (2017). Pembelajaran terpadu di sekolah dasar. Sidoarjo: Umsida Press., 1-550.

Wali, M., Mbabho, F., & Pali, A. J. M. P. U. (2020). Pembelajaran Terpadu Tipe Webbed Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. FKIP Universitas Flores: MIMBAR PGSD Undiksha 8(3), 404-411.




DOI: http://dx.doi.org/10.31949/jcp.v8i1.3445

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Wita Puspita Dewi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.